Menjembatani Kesenjangan Pembelajaran: Eksplorasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) - Konsep, Praktik, dan Tantangan

Putri Anggraini Purba(1*), Pandu Prabowo Warsodirejo(2), Hasda Tanty(3),

(1) Universitas Islam Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Sumatera Utara
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Penyajian Data Statistik di kelas X-1 SMA Negeri 2 Medan. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi proses pembelajaran, informan dari guru Matematika SMA Negeri 2 Medan, modul pengajaran, dan catatan lapangan tentang proses pembelajaran menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi selaras dengan tahapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL), yaitu mengklasifikasikan kebutuhan belajar siswa, merancang dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, serta merefleksikan dan mengevaluasi proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pembelajaran diferensiasi, TaRL, Matematika


Full Text:

PDF

References


Emiliani, E. 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Pendekatan TaRL. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 1083-1091.

Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. 2023. Teaching at The Right Level sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(1), 10-10.

Jauhari, T., Rosyidi, A., Sunarlijah, A. 2023. Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL untuk meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. PTK dan Pendidikan, 9(1). 59–74.

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.

Purnawanto, A. T. 2023. Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54. Saputro, E., Rakhmawati, A. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right

Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan. 2(1). 179-192.

Tomlinson, CA. 2001. How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms 2nd Ed. Wahyuni, S., Thahir, A., Karma, R., & Putriani, A. 2023. Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi di Tingkat SMP.

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 264-269.


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.