Pengembangan Buku Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi berbasis Multiple Intelegences

Rahma Hidayati Darwis(1*), Andi Patimbangi(2),

(1) Institut Agama Islam Negeri Bone
(2) Institut Agama Islam Negeri Bone
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Buku siswa merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang dapat mendukung kegiatan proses pembelajaran di dunia pendidikan. Keberadaan buku siswa dengan formulasi menarik dan sistematis serta menstimulasi peserta didik dalam memnafaatkan berbagai kecerdasan dapat membantu peserta didik untuk belajar lebih aktif secara mandiri maupun berkolaborasi. Selain itu, dengan adanya Buku Siswa diharapkan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuannya terhadap suatu materi. Buku Siswa yang dimaksud adalah lembar kegiatan yang berisi konten materi dan petunjuk- petunjuk penyelesaian yang dapat menstimulasi berbagai kecerdasan yang dimiliki peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku siswa berbasis kecerdasan multiple intelgences yang difokuskan pada 4 (empat) kecerdasan yakni kecerdasan interpersonal, spasial, verbal dan logis matematik pada materi system persamaan linear dua variabel yang valid menurut ahli serta untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui penggunaan Buku Siswa tersebut. Setelah dilakukan proses pengembangan Buku Siswa selanjutnya divalidasi oleh dua pakar. Hasil validasi menunjukkan bhawa kedua pakar telah memberikan penilaian pada kategori baik. Setelah Buku Siswa direvisi berdasarkan saran pakar, maka selanjutnya dilakukan ujicoba produk. Uji coba dilakukan dengan melibatkan 28 peserta didik dan 2 (dua) orang guru matematika. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut, Buku Siswa kembali direvisi berdasarkan hasil ujicoba I. Selanjutnya kembali diujicobakan pada kelas yang berbeda. Hasil ujicoba II menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik telah memenuhi KKM berdasarkan ketentuan yang sudah ditetapkan. Dengan demikian Buku Siswa ini bisa digunakan oleh guru matematika SMP khususnya pada pembelajaran materi system persamaan linear dua variable.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Siswa, multiple intelegences, SPLDV, Matematika


Full Text:

PDF

References


Angghi Dwi Putri Pratiwi. 2017. Analisis Permasalahan dalam Penilaian Pembelajaran.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 249 -253.

Mabid Barokah. 2019. Manajemen Penilaian Sumatif Pada Ranah Kognitif Pembelajaran PAI Kelas X Semester Ganjil Di SMA Negri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/ 2018.

Demoin, D. W. & Jurisson, S. S. 2013. Chemical kinetics laboratory discussion worksheet. Journal of Chemical Education, 90, 1200-1202.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Faradepi, Dea, Dedi Sofyan, Kasmaeni. 2019. Classroom Activities Based on Multiple

Intelegence theory in English Language Teaching 2013 Curriculum for Seventh Grade. JALL (Journal of Applied Linguistiks and Literacy, 3(2), 1–13. https://jurnal.unigal.ac.id /index.php/jall/index

Gardner, H. 1987. The theory of multiple intelligences. Annals of Dyslexia, 37(1), 19–35. https://doi.org/10.1007/BF02648057

Hanafin, J. 2014. Multiple intelligences theory, action research, and teacher

professional development: The irish MI project. Australian Journal of Teacher Education, 39(4). https://doi.org/10.14221/ajte.2014v39n4.8

Handayani. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Siklus Belajar terhadap Peningkatan Keterampilan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains. 4(2), 35

- 49

Hawes, Z., & Ansari, D. 2020. What explains the relationship between spatial and mathematical skills? A review of evidence from brain and behavior. Psychonomic Bulletin and Review, 27(3), 465–482. https://doi.org/10.3758/ s13423-019- 01694-7

Isrok‟atun, & Rosmala, A. 2021. Mode-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Akasara. Işık, D., & Tarım, K. 2009. The effects of the cooperative learning method supported by multiple intelligence theory on Turkish elementary students’ mathematics achievement. Asia Pacific Education Review, 10(4), 465–474.

https://doi.org/10.1007/s12564-009-9049-5

Jasmin, J. 2016. Metode mengajar multiple intelligences; Bandung: penerbit Nuansa. Joyce, B. & Weil, M. 2009. Models of teaching ( 8 th ed.). New Delhi: Prentice Hall of

India.

Kibar & Ayas. 2010. Implementing of a worksheet related to physical and chemical change concepts. Procedia - Sosial and Behavioral Sciences, 2(2), 733-738.

Kusmaryono, dkk. 2016. Strategi Pengembangan Kualitas Pembelajaran Matematika dalam Kurikulum Nasional. Prosiding Nasional. ISBN 978-602- 1145-31-9. Unissula Press

Laal, M. 2013. Positive interdependence in collaborative learning. Procedia Sosial and Behavioral Science, 93, 1433-1437

Legowo, 2017. Model Pembelajaran Berbasis Penstimulasian Multiple Intelligences Siswa. Jurnal kajian dan Bimbingan Konseling, 2(1).

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. 2021. Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya 187 dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.

McMillan, M. 2017. Towards Student Centered Learning Activities. Journal of Problem- Based Learning, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.24313/jpbl.2017.4.1.1

Meller, E. M. 1999. Multiple intelligences: a workshop for teachers (master thesis).

Mesa, V. & Griffiths, B. 2012. Textbook mediations of teaching: An examples from tertiary mathematics instructions. Educational Studies in Mathematics, 79, 85-107.

Meredith Gall, Joyce Call, Walter R Borg, Educational Research An Introduction Fourth Edition. Penerbit Longman

Morrison, G. R., Ross, S. M., Morrison, J. R., & Kalman, H. K. 2013. Designing Effective Instruction (Eighth Edi). John Wiley & Sons, Inc.

M. Y. Abdullah, S. A. Rashid, R. I. R. L. Ahmad, A. S. Ambotang, S. Sharif Pengetahuan pedagogi guru (pp.161-174) Chapter: Pengukuran dan penilaian dalam latihan mengajar. Publisher: Penerbit UMS Editors

Nasir, Z. I.. Zohra Inayah Nasir. 2013. Teaching English Based on 2013 Curriculum at Junior High School in Gowa. 246–256.

Oktaviana, V., Aini, I. N., Sistem, U., Nasional, P., & Penalaran, P. 2021. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. 8(1), 377–385. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881

Plomp, T. & Nieveen, N. 2013. Introduction to the collection of illustrative cases of educational design research Illustrative cases (pp. V-XX). Enschede. the Netherlands: SLO.

Pratiwi, I. R., & Silalahi, P. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Model Blended Learning Berbasis Moodle. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 206–218

Reinhold, F., Hofer, S., Berkowitz, M., Strohmaier, A., Scheuerer, S., Loch, F., Vogel- Heuser, B., & Reiss, K. 2020. The role of spatial, verbal, numerical, and general reasoning abilities in complex word problem solving for young female and male adults. Mathematics Education Research Journal, 32(2), 189–211. https://doi.org/10.1007/s13394-020-00331-0

Rocchio, A. 2020. Multiple intelligences in the mathematics classroom : A curriculum project on linear equations and inequalities in one variabel. Education and Human Developmen.

Ruslan. 2009. Validasi Isi. Buletin Pa’baritta No.10 Tahun VI.

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo

Sunendar, A. 2017. Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Jurnal THEOREMS: The Original Research of Mathematics, 1(2), 1–12.

Suurtamm, C, Thompson, D. R., Kim, R. Y., Moreno, L. D., Sayac, N., Schukajlow, S., Ulya Layyina, Silver, E., Ufer, S., Vos, P. 2016. Assessment in Mathematics 105 Education. ICME13 Topical Surveys. Springer, Cham.

Syarifah, S. 2019. Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.