Analisis Pengaruh Infrastruktur Ekonomi dan Administrasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-Provinsi di Luar Pulau Jawa dengan Menggunakan Regresi Data Panel

Grahita Dara Miartha(1*), Sri Subanti(2), Etik Zukhronah(3),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perkembangan ekonomi suatu negara dapat terlihat dari angka pertumbuhan ekonomi yang merupakan indikator pembangunan untuk mengevaluasi hasil dari program-program yang telah dilaksanakan maupun sebagai acuan pembangunan yang akan mendatang. Pertumbuhan ekonomi dapat dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya infrastruktur.  Di Indonesia saat ini terjadi ketimpangan pembangunan antara Pulau Jawa dan provinsi-provinsi di Luar Pulau Jawa, karena adanya pemusatan fokus pembangunnan di Pulau Jawa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh infrastruktur ekonomi dan administrasi terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi-provinsi di luar Pulau Jawa. Data yang digunakan merupakan data time series dari tahun 2017-2022 dan data cross section provinsi-provinsi di luar Pulau Jawa. Analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan metode Ordinary Least Squares dengan pembobot cross section weight. Untuk mengestimasi regresi data panel ada tiga pendekatan, yaitu Common Effect Model, Fixed Effect Model, Random Effect Model. Prosedur analisis data menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis yaitu uji t, uji F serta koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel air bersih yang disalurkan, listrik yang didistribusikan, pelanggan telepon, realisasi investasi penanaman modal dalam negeri berpengaruh posistif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi-provinsi di luar Pulau Jawa dengan koefisien determinasi sebesar 99%.

Kata Kunci: Infrastruktur, Pertumbuhan Ekonomi, Regresi Data Panel.


Full Text:

PDF

References


Agenor, Pierre-Richard, dan Blanca Moreno-Dodson. 2006. Public infrastructure and growth: New channels and policy implications. World Bank Policy Research Working Paper No.4064.

Alghifari, 2000. Analisis Regresi Teori, Kasus, dan Solusi, BPFE, Yogyakarta.

Angelina dan Wahyuni. 202. Pengaruh Infrastruktur Ekonomi dan Sosial terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, 2015-2019. In Seminar Nasional Official Statistics, 2021(1), pp. 733-742.

Atmaja dan Mahalli. 2015. Pengaruh peningkatan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Sibolga. Jurnal Ekonomi dan keuangan, 3(4), 14847.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat, 2022. Persentase Rumah Tangga yang Memiliki/Menguasai Telepon Seluler Menurut Provinsi dan Klasifikasi Daerah.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat, 2022. Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan 2010 Provinsi-Provinsi di Indonesia.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat, 2022. Jumlah Air Bersih yang Disalurkan Perusahaan Air Bersih.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat, 2022. Listrik yang Didistribusikan Menurut Provimsi.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat, 2022. Realisasi Investasi Penanaman Modal Dalam Negeri Menurut Provinsi.

Baltagi, B. H., and Edition, F. 2008. Professor Badi H. Baltagi (auth,)- Econometrics-Springer Berlin Heidelberg.

Bulohlabna, C. 2008. Tipologi dan pengaruh infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi Kawasan Timur Indonesia (Skripsi). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Canning, David. 1999. Infrastructure’s contribution to Aggregate Output,” World Bank Policy Research Working Paper No. 2246.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Airlangga.

Greene, W.H. 2012. Econometric Analysis (5 ED.). Prentice Hall Internasional, New Jersey.

Gujarati, D.N. 2009. Basic Econometric. Tata McGraw-Hill Education, New Delhi

Kartiasih, F. 2019. Dampak infrastruktur transportasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia menggunakan regresi data panel. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 67-77.

Kuncoro, M. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta. Erlangga.

Kusnandar, V. B. 2019. Peringkat Daya Saing Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/

Marlina, L., Hidayat, W. W., & Rahmat, B. Z. 2022. Bopo, Npf, Inflasi, Suku Bunga Acuan Bank Indonesia, dan Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2339-2353

Panjaitan, H. A. M., Mulatsih, S., & Rindayati, W. 2019. Analisis dampak pembangunan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi inklusif Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, 8(1), 43-61.

Solow, Robert M., Growt Theory: An Exposition, Oxford University Press, 1987

Syahputra, T. S. A., Purba, E., & Damanik, D. 2021. Pengaruh Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Subulussalam. Jurnal Ekuilnomi, 3(2), 104-114.

Todaro, M. 2003. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga (Edisi Kedelapan). Jakarta. Erlangga.

The World Bank. 1994. Infrastructure for Development. World Bank Development Report 1994. New York. Oxford University.

Warsilan dan Noor. 2015. Peranan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi dan implikasi pada kebijakan pembangunan di Kota Samarinda. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 31(2), 359-366.

Widarjono, A. 2009. Ekonometrika pengantar dan aplikasinya. Yogyakarta: Ekonisia.


Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.