Analisis Literasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika

Elly Rizeqia Fadilah(1*), Bambang Eko Susilo(2), Wardono Wardono(3),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk siswa. Literasi matematika berguna untuk dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyatannya, literasi matematika siswa masih rendah berdasarkan hasil survey PISA, Indonesia berada di peringkat yang rendah. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI terdiri 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan menurut Sugiyono yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subyek memiliki tingkat literasi matematika yang berbeda-beda berdasarkan tingkat kemampuan matematikanya dalam konteks ethnomatematics.

 

Kata Kunci: Literasi matematika, kemampuan matematika


Full Text:

PDF

References


Edo, SI. 2013. Menyelidiki Kesulitan Siswa Sekolah Menengah dalam Memodelkan Masalah Model PISA Level 5 Dan 6. Indo MS. J,M,E, 41-58.

Inayah & LC Nisa. 2019. Tingkat Literasi Matematika Siswa SMA Unggulan Berdasarkan Tes Pisa yang disesuaikan. [Online]. Tersedia: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/ 11617/11039

JA Dahlan & R. Permatasari. 2018. Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., 2(1), hlm. 133–150.

Johar, R. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1-14.

Mahdiansyah & Rahmawati. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia 1 Literasi Matematika Siswa Tingkat Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia,” J. Pendidik. dan Kebud., jilid. 20.

NT Nilasari & D. Anggreini. 2019. Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. J. Elem., 5(2), 206, doi: 10.29408/jel.v5i2.1342

Nurutami, Aulia, RIYADI Riyadi, dan Sri Subanti. 2018. Analisis Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematis. Adv. di Sistem Cerdas. Res. (AISR) 157. 162–166, doi: 10.2991/miseic-18.2018.40.

OECD. 2016. Kerangka Matematika. Paris: Penerbitan OECD

Ojose. 2011. Literasi matematika: apakah kita mampu menerapkan matematika yang kita pelajari dalam penggunaan sehari-hari? J. Math. Pendidikan, 4(1), 89–100.

RP Mayasari & I. Kurniasari. 2019. Literasi Matematika Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau Dari Disposisi Matematis. MATHedunesa J. ilmu. Pendidik. Mat., 8(1), 46–54.

Sari, RH. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (hal. 715). Yogyakarta: UNY

TR Hayati & K. Kamid. 2019. Analisis Proses Literasi Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Int. J. Tren Matematika. Mendidik. Res., 2(3), hal. 116, doi: 10.33122/ijtmer.v2i3.70.


Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.