Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Self-Confidence Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar

Hamda Hamda(1*), Hamzah Upu(2), Muthia Azfirah Labbase(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari tipe kepribadian introver dan ekstrover dan self-confidence pada siswa kelas X di SMA Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 sebanyak enam siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti, angket, tes tertulis, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Indikator komunikasi matematis terdiri atas tiga indikator yaitu (1) Kemampuan menyatakan ide matematis secara tertulis menggunakan simbol, (2) Kemampuan menyatakan ide matematis secara tertulis menggunakan gambar, (3) Kemampuan menganalisis dan mengevaluasi ide matematis secara tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Siswa dengan tipe kepribadian introver dan self-confidence tinggi dapat memenuhi tiga indikator komunikasi matematis (2) Siswa dengan tipe kepribadian introver dan self-confidence sedang dapat memenuhi tiga indikator komunikasi matematis. (3) Siswa dengan tipe kepribadian introver dan self-confidence rendah dapat memenuhi dua indikator komunikasi matematis. (4) Siswa dengan tipe kepribadian ekstrover dan self-confidence tingi dapat memenuhi dua indikator komunikasi matematis (5) Siswa dengan tipe kepribadian ekstrover dan self-confidence sedang dapat memenuhi tiga indikator komunikasi matematis. (6) Siswa dengan tipe kepribadian ekstrover dan self-confidence rendah dapat memenuhi dua indikator komunikasi matematis.

 

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Introver, Ekstrover, Self-Confidence.

Full Text:

PDF

References


Anintya, Y., Pujiastuti, E., & Mashuri, M. 2017. Analysis of Mathematical Communication Skills Viewed from Student Learning Styles in Eighth Grader Students in Learning Resource Based Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 37 - 43.

Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. 2014. Mathematical connection ability and self-confidence (an experiment on junior high school students through contextual teaching and learning with mathematical manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11.

Ismail, I. 2017. Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Menguunakan Metode Silih Tanya Berbantuan Kartu Model dengan Metode Make A Match pada Kelas VII SMPN 4 Sungguminasa Kab. Gowa. Universitas Islam Negeri Makassar.

Ismarwan, B., Hamdani. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persaman Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian FKIP UNTAN.

Muniroh, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. 2018. Hubungan Self-Cofidence dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 479–486.

Mustika, A., Suhartati, S., & Syahyuzar, S. 2016. Penerapan Pembelajaran Kontekstual melalui Hands on Problem Solving pada pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1).

Nugroho, A. D., & Hidayati, N. 2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus, Balok dan Limas Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Oktarina, Y., & Abdullah, Y. 2017. Komunikasi dalam perspektif teori dan praktik. Deepublish.

Purwandari, A. S., Astuti, M. D., & Yuliani, A. 2018. Evaluasi kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 55–62.

Purwanti, N., & Amin, A. 2016. Kepatuhan ditinjau dari kepribadian ekstrovert-introvert. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 3(2), 87–93.

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. 2018. Analisis self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171–179.

Ritonga, S. N. 2018. Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika Mts Hifzil Qur’an Medan tahun ajaran 2017/2018. 11. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rohmah, S. R. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Turunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert Dan Extrovert Siswa Kelas XI SMA Kartika III-1 Banyubiru Tahun Ajaran 2019/2020.

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Union, 6(2), 356818.


Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.