Tren Penelitian Kesulitan Belajar Matematika Di Jurnal-Jurnal Berbahasa Indonesia Tahun 2020-2023: Review Tahap Awal

Ami Fatikarani(1*), Safrudiannur Safrudiannur(2),

(1) Universitas Mulawarman
(2) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kesulitan siswa dalam belajar merupakan salah satu tema penting dalam penelitian Pendidikan matematika sehingga layak dilakukann review yang sistematis terhadap tren penelitian dengan tema tersebut. Penelitian ini merupakan tahap awal penelitia review yang sistematis (Systematically Literature Review), yaitu bertujuan untuk mengetahui jumlah artikel penelitian yang membahasa kesulitan belajar matematika di jurnal-jurnal berbahas Indonesia kurun waktu 2020-2023. Metode penelitian yang ditetapkan adalah metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systeatic Review and Meta-Analyses) dengan basis data Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap identifikasi (identification) diperoleh 534 artikel dengan tema kesulitan belajar. Dari 534 artikel tersebut terdapat 26 artikel duplikat sehingga jumlah artikel yang melanjutkan ke langkah berikutnya adalah 508 artikel. Pada tahap penyaringan (screening) yang mengutamakan artikel berbahasa Indonesia diperoleh 359 artikel sedangkan 149 artikel lainnya dibuang. Pada tahap berikutnya yaitu kelayakan (eligibility), dari 359 artikel hanya ada 80 artikel yang fokus pada bidang matematika sehingga sisanya dibuang. Kemudian dari 80 artikel tersebut, hanya ada 58 artikel yang tersedia dalam bentuk fulltext. Dengan demikian pada tahap awal ini diperoleh 58 artikel yang akan direview kontennya.

 

Kata Kunci: Kesulitan, Belajar, Matematika, Review, Artikel


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abrimanto, A. G. 2017. Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Meningkatkan Pembangunan Masyarakat: Studi Kasus BPD Desa Lembang Kec. Lembang Kabupaten Bandung Barat. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Alfansyur, A., & Maryani. 2020. Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik Info Artikel Abstrak. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah.

Agnesti, Y., & Amelia, R. 2021. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 311-320.

Alwasilah, C., & Nugroho, D. 2020. Pentingnya Pendekatan Pembelajaran Aktif dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 120-135.

Amaliyah, I., & Fathurohman, I. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. JRPD: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45-56.

Amirullah. 2015. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Malang: Media Nusa Creative.

Arsini, N. W., & Sutriyanti, N. K. 2020. Internalisasi nilai pendidikan karakter hindu pada anak usia dini. Denpasar: Yayasan Gandhi Puri.

Bandura, Albert. 2021. Psychological Modeling: Conflicting Theories. New York: Classic edition published.

Boaler, J. 2022. Teaching and Learning Mathematics. In Handbook of Research in Mathematics Teaching and Learning.

Bonwell, C. C., & Elson, J. A. 2022. Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. ASHE-ERIC Higher Education Report No. 1

Bungin, B. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21-34.

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. 2022. Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 1-16.

Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. 2022. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77-86.

Fadhilah, N., Nuryati, E., & Ardina, N. R. 2021. Asuhan Keperawatan Keluarga Aplikasi Dalam Praktik. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-66.

Guner, N. 2020. Difficulties Encountered by High School Student in Mathematics. International Journal of Educational Methodology, 6(4), 703-713.

Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Edisi Revisi. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Hartini, A. 2020. Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi sebagai Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 80-95.

Hidayati, F. 2010. Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. Dipublikasikan.

Idrus, S. 2021. Menulis Skripsi Sama Gampangnya Membuat Pisang Goreng. Malang: Literasi Nusantara.

Johnsons, 1974. Pembelajaran Kooperatif. di dalam Karen L. Medsker an: Jakarta.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. 2021. Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134-150.

Khadijah, & Amelia, N. 2020. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Khairi, H. 2021. Organisasi Sektor Publik. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Kitchenham, B. 2007. Guidelines for performing Systematic Literature Review in Software Engineering. EBSE Technical Report.

Lisnani, L. 2019. Pengaruh Penggunaan Konteks Daun terhadap Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 423-434.

Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno, N. 2021. Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 449-460.

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Mawarti, H., Simbolon, I., Khotimah, I. G. P., Pranata, L., Simbolon, S., Simanjuntak, M. S. M., Faridah, U., Koerniawan, Z. D., & Maramis, J. R. 2021. Pengantar Riset Keperawatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Mazzocco, M. M. M., & Myers, G. F. 2022. Mathematical Learning Disabilities. In the SAGE Encyclopedia of Lifespan Human Development.

Misbah, A., & Suyitno, H. 2021. Kesulitan Belajar Matematika: Sebuah Literatur. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 100-115.

Netson, B. P. H. 2022. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 94 Pekanbaru.

Nguyen, T., Baker, J., & Haslam, M. 2022. The Role of Environment in Mathematics Learning. In Encyclopedia of Mathematics Education.

Nur, M. S., & Uyun, A. S. 2020. Tinjauan Pustaka Sistematis: Pengantar metode penelitian sekunder untuk energi terharukan-bioenergi. Klaten: Lakeisha.

Nurhasanah, W. F., & Puspitasari, N. 2022. Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 27-38.

Nurita, D. A. 2021. Peran Penggunaan Gawai Pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Analisis Systematic Literature Review). Skripsi. Purwokerto: IAIN PURWOKERTO.

Nurjannah, N., & Sumarmin, S. 2021. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 150-165.

Ormord, Joanne Ellis. 2020. Psikologi Pendidikan-Membantu Siswa Bertumbuh dan Berkembang. Edisi 10 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika pada Materi Peluang. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).

Putro, P. C., & Setyadi, D. 2022. Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 1), 131-142.

Rachma, Y. Y., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. 2020. Pengembangan Mobile Learning Barusikung Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 475-486.

Rahardja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. 2019. Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. Sisfotenika.

Ramadhani. 2020. Analisis Komunikasi Organisasi di UPT. Perpustakaan UIN AR-RANIRY. Skripsi. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Riswandha, S. H., Sumardi, S. 2020. Komunikasi Matematika, Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84-93.

Rivera, S. M., & Pirorone, P. 2022. Individual Differences in Mathematics Learning. In the Encyclopedia of Mathematics Education.

Rizky, R., Sukisno, Ridwan, M., & Hakim, Z. 2020. Implementasi Metode Forward Chaining Untuk Diagnosa Penyakit Covid 19 Di RSUD Berkah Pandeglang Banten.

Rukajat, Ajat. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.

Safrudiannur, & Rott, B. 2019. The different mathematics performances in PISA 2012 and a curricula comparison: enriching the comparison by an analysis of the role of problem solving in intended learning processes. Mathematics Education Research Journal.

Sakti, M. N. S. F. 2019. Islam dan Budaya dalam Pendidikan Anak. Bogor: Guepedia.

Sardiman, A. M. 2021. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, D. L., Fitriani, D. A., Khaeriyah, D. Z., Hartono, H., & Nursyahidah, F. 2022. Hypothetical Learning Trajectory pada Materi Peluang: Konteks Mainan Tradisional Ular Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 203-214.

Sastypratiwi, H., & Nyoto, R. D. 2020. Analisis Data Artikel Sistem Pakar Menggunakan Metode Systematic Review. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN).

Savery, J. R., & Duffy, T, M. 1995. Problem Based Learning: An Instructional Model and Its Constructivist Framework. Educational Technology, 35(5), 31-38.

Sawir, M. (2021). Ilmu Administrasi dan analisis kebijakan publik. Yogyakarta: Deepublish.

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. 2020. Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi dan Open Source.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. 2017. Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.

Silalahi, L. E., Rahayu, D. Y. S., Winahyu, K. M., Dewi, S. U., & Tasik, J. R. 2022. Pengantar Keperawatan Keluarga. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sholihin, M., & Anggraini, P. G. 2021. Analisis Data Penelitian Menggunakan Software Stata. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.