Desain Media Pembelajaran Matematika Berbasis Hypermedia

Ernawati Ernawati(1*), Muahyyana Hakke(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi karakteristik media pembelajaran matematika berbasis hypermedia yang dapat diandalkan, serta untuk menganalisis pandangan peserta didik, praktisi, dan guru terhadap media tersebut. Dengan menggunakan model pengembangan Hannafi dan Peck, penelitian ini melibatkan serangkaian tahapan mulai dari analisis kebutuhan hingga pengembangan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis hypermedia dirancang sebagai model presentasi yang memfasilitasi guru dalam menyampaikan materi dan sebagai sumber belajar yang mandiri bagi siswa. Respons peserta didik terhadap penerapan media ini sangat positif, menganggapnya efektif dan efisien dalam penggunaan serta pembuatan konten pembelajaran. Setiap antarmuka media dilengkapi dengan fitur navigasi, hyperlink, dan fasilitas lainnya yang memudahkan pengguna dalam menjelajahi materi. Peserta didik menunjukkan kemampuan untuk dengan lancar menggunakan semua fitur yang disediakan, menunjukkan minat terhadap tampilan visualnya, menikmati proses belajar dengan bantuan media tersebut, dan mampu memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Penelitian ini menyoroti peran penting media pembelajaran matematika berbasis hypermedia dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman konsep matematika. Respons positif yang diterima dari peserta didik dan praktisi menunjukkan potensi besar dari penggunaan media ini dalam konteks pendidikan matematika yang lebih efektif dan menarik.

Kata Kunci: Desain, Media Pembelajaran Matematika, Hypermedia

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., & Baharuddin. (2011). Perencanaan pembelajaran. Alfabeta.

Andinny, Y., & Lestari, I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Multimedia Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 169–179.

Andriani, T. (2015). SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1), 127–150.

Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205–212. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p205-212

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Press.

Azwar, S. (1995). Teori dan Pengukurannya Edisi Kedua. ANDI.

Fakhri, M. N. (2019). Pengembangan hypermedia berbasis web online pada konsep sistem sirkulasi.

Helena, W. M., & Yulianto, B. (2019). Kids Learn Mandarin : Media Interaktif untuk Pembelajaran Bahasa Mandarin pada SDK Santa Theresia 1 Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra, 530–542.

Kirna, I. (2012). Pengaruh Integrasi Hypermedia Dalam Strategi Siklus Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 172–183.

Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendiikan Dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196–208.

Sáiz-Manzanares, M. C., Marticorena-Sánchez, R., Díez-Pastor, J. F., & García-Osorio, C. I. (2019). Does the use of learning management systems with hypermedia mean improved student learning outcomes? Frontiers in Psychology, 10(FEB), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00088

Yilmaz, Ç., Altun, S. A., & Olkun, S. (2010). Factors affecting students’ attidude towards Math: ABC theory and its reflection on practice. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4502–4506. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.0203.7


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.