Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat Mengelola Sampah pada Perumahan di Kabupaten Maros

Andi Yusdy Dwiasta R(1*), Bakhrani A Rauf(2), Muhammad Ardi(3), Faizal Amir(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) pengetahuan tentang sampah, sikap, dan perilaku masyarakat mengelola sampah pada kompleks perumahan di Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros sebelum dan sesudah eksperimen, (2) pengaruh eksperimen terhadap peningkatan pengetahuan tentang sampah, sikap, dan perilaku masyarakat mengelola sampah pada kompleks perumahan di Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dan pendekatan yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Lokasi penelitian Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Responden sebanyak 25 kepala keluarga dipilih dengan metode purpossive sampling. Desain eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-postest Design. Variabel penelitian: (1) pengetahun tentang sampah, (2) sikap mengelola sampah, dan (3) perilaku mengelola sampah sebelum dan sesudah eksperimen. Teknik analaisis data: Analisis statistik deskriptif dan  analisis statistik inferensial. Model analisis infrensial yang digunakan adalah uji t dependen. Hasil penelitian: (1) pengetahuan, sikap, dan perilaku mengelola sampah masyarakat pada komplek perumahan di Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros sebelum diberi eksperimen tergolong rendah, (2) pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat mengelola sampah pada komplek perumahan di Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros sesudah diberi eksperimen meningkat dan tergolong tinggi, (3) Eksperimen berpengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat mengeloa sampah pada komplek perumahan di Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

 

Kata Kunci: Perilaku, Sikap, Pengetahuan, Sampah, dan Perumahan

 


Full Text:

PDF

References


UUPLH No.32.1997. Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup: Jakarta.

Undang-Undang R.I. No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Hines, I.M., H.R. Hungeford and N. Tomera. 2010. Analysis and synthesis of Research on Responsible Environmental Behavior: A Meta-Analysis. The Journal of Environmental Education, (online) (http://www.tndfonline.com/loi/vjee20. Diakses 18 Januari 2013).

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Jiang, G., Matthew L. Boulton, Zhuo Wang, Jing Li, Wei Li, Dezheng Wang, Hao Liu, Wenlong Zheng, Yi Yang, Gai Chang, Fan Zhang, and JoLinn P. Montgomery. 2012. “Community Intervention Trial Promote Healty Behaviors in Farmers in Tianjin, China. Journal of Behavioral Helath. 1(2), 77-85.

Rakhmat, Jalaluddin.2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suriasumantri, Jujun S. 2010. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Opset.

Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: P.T. Raja Grafindo.

Soerjani, Mohamad, Arief Yuwono dan Dedi Fardiaz. 2007. Lingkungan Hidup (The Living Environment) Pendidikan, Pengelolaan Lingkungan dan Kelansungan Pembangunan (Education, Environmental Management and Sustainable Development). Edisi Kedua. Jakarta: Yayasan Institut Pendidikan dan Pengembangan Lingkungan (IPPL).

Abu Ahmadi 2007. Psikologi Sosial. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. 2013. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Mar’at. 2006. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Bandung : Ghalia Indonesia.

Borg, W.R. and Gall, M.D. 2008. Educational Research An Introduction. London: Longman, Inc.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.