Pengembangan Booklet Sebagai Penunjang Sumber Belajar Biologi Materi Prinsip-Prinsip Klasifikasi Makhluk Hidup di SMA

Cahyu Fatimah Az zahra(1), Nani Kurnia(2*), Hamka L(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini memadukan penelitian deskriptif kuantitatif (inventarisasi serangga) dan penelitian kualitatif (pengembangan booklet). Indeks keanekaragaman Shanon – Weiner di gunakan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman serangga di lahan lahan pertanian bawang merah Dusun Saruran Desa Saruran Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, sedangkan untuk pengembangan booklet menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu analyse (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Namun pada pelaksanaannya hanya pada tahap pengembangan dan untuk mengetahui kelayakan penggunaan atau implementasi booklet dilakukan validasi oleh validator ahli. Hasil inventarisasi serangga menunjukkan total individu serangga yang ditemukan di lokasi penelitian sebanyak 1.332 yang terbagi ke dalam 8 ordo, 22 famili, dan 28 spesies. Hasil validasi booklet, menunjukkan tingkat kevalidan booklet memiliki nilai rata-rata 88,5 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa Booklet Serangga Yang Terperangkap Light Trap Pada Lahan pertanian Bawang Merah Di Desa Saruran Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang bersifat valid dan layak digunakan sebagai penunjang sumber belajar biologi materi prinsip-prinsip klasifikasi makhlu hidup di SMA.

  

Kata Kunci: Booklet, Inventarisasi, Serangga,Sumber Belajar, dan ADDIE

 


Full Text:

PDF

References


Amanda, UD., & Silvia Yuniarti. 2020. Teknologi Budidaya Bawang Merah. Jurnal Teknologi Pertanian. Vol 1 (2).

Angriani, O., Mariani N., & Elya F. 2015. Inventarisasi Serangga Polinator di Lahan Pertanian Semangka (Sitrulus lanatus) Kota Pekanbaru dan Pengembangannya Untuk Sumber Belajar Pada Konsep Keanekaragaman Hayati SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 1 (1).

Hidayat, F., & Nizar, M. 2021. Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI). Vol. 1(1), 28–38.

Sudjana N., & Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Farizan, N. H., Sutan, R., Hod, R., & KC Mani, K. 2020. Pengembangan dan validasi buklet pendidikan kesehatan: Peran orang tua dalam keamanan air dan pencegahan tenggelam. Junal Penelitian Kesehatan. Vol. 34 (3).


Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.