Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menyusun Kalimat Tanya Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar

Ambo Dalle(1*), Muhammad Bachtiar Syamsuddin(2), Hasmawati Hasmawati(3), Ernawati Ernawati(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitain ini merupakan penelitian deskriptif korelatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menyusun kalimat tanya bahasa Jerman. Subyek Penelitian ini adalah mahasiswa semester Genap angkatan 2022 Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra universitas Negeri Makassar, yang terdiri yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas A dab B denga total jumlah 28 orang. Berdasarkan hasil analisis data dari tes penguasaan kosakata bahasa Jerman mahasiswa diperoleh bahwa, skor tertinggi 73 dan skor terendah 36 dan diketahui bahwa skor rata-rata adalah 52,4 dan memiliki persentase sebesar 52,4%. Sedangkan pada tes kemampuan menyusun kalimat tanya bahasa Jerman diperoleh skor tetinggi 73 dan skor terendah 27 dengan rata-rata 69,8 dan memiliki persentase 69,8%. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa tes penguasaan kosakata mahasiswa bahasa Jerman masuk dalam kategori kurang dan tes kemampuan menyusun kalimat tanya bahasa Jerman mahasiswa cukup memadai, namun belum mencapai kategori baik. Hasil analisis menggunakan teknik korelasi Product Moment diperoleh bahwa  rhitung diperoleh lebih kecil r tabel yaitu 0,14≤0,497. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang tidak signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menyusun kata tanya.  Disimpulkan bahwa hipotesis (H1) yang menyatakan bahwa ada hubungan positif namun tidak signifikan antara penguasaan kosakata dan kemampuan menyusun kalimat tanya bahasa Jerman  mahasiswa diterima dan H0 yang menyatakan tidak ada hubungan antara peguasaan kosakata dengan kemampuan menyusun kalimat tanya bahasa Jerman ditolak.

 

Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Kalimat Tanya bahasa Jerman

 


Full Text:

PDF

References


Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Lestari, Hesti. 2019. Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Logis dengan Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman pada Siswa XI IPS SMA Negeri 3 Sinjai. Skripsi: Prodi

Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawan, Nugrahadi. 2021. Deutsch Domino Untuk Pengaktifan Kosakata Bahasa Jerman. E-Journal Laterne, Volume 10, Nomor 02

Rahmawati, Emma. 2013. Hubungan Kosakata dengan keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 2 Maros. Skripsi: Prodi Bahasa Jerman, FBS UNM.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.