Concept Learning dalam Pembelajaran Wortschatz Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar

Misnawaty Usman(1*), Nurming Saleh(2), Misnah Mannahali(3), Himala Praptami Adys(4), Ernawati Ernawati(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh data dan informasi tentang keefektifan Concept Learning dalam pembelajaran kosakata (Wortschatz) bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Data dan informasi tersebut penting untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Jerman khususnya dalam usaha peningkatan kosakata (Wortschatz) bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun akademik 2021/2022 Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar dengan jumlah keseluruhan kelas sebanyak 2 kelas dan jumlah mahasiswa sebanyak 46 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Untuk menentukan kelas yang akan dijadikan sampel dalam penelitian, peneliti melakukan pengundian. Dari keseluruhan populasi yang ada, diambil 2 kelas secara acak untuk dijadikan sampel. Dari hasil pemilihan secara acak terpilih kelas A terdiri atas 23 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B terdiri atas 23 mahasiswa sebagai kelas kontrol.Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (1,473 > ttabel 0,685) dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis bahwa terima H1 jika thitung lebih besar dari ttabel dan terima Hjika thitung lebih kecil dari ttabel..  H0 dalam penelitian ini yang berbunyi penggunaan  pembelajaran Concept Learning tidak efektif terhadap hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman ditolak, karena thitung 1,473 > ttabel 0,685, sehingga H1 dalam penelitian ini yang berbunyi penggunaan  pembelajaran Concept Learning efektif terhadap hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman  diterima. Konsekuensi dari penolakan  H0, maka H1 dalam penelitian ini yang berbunyi penggunaan  pembelajaran Concept Learning efektif terhadap hasil belajar kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman diterima, karena thitung 1,473 > ttabel 0,685. Dengan diterimanya H1 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan  pembelajaran Concept Learning efektif terhadap hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman. Dengan diterimanya H1 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan  pembelajaran Concept Learning efektif terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman (Wortshatz) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman.

 

Kata Kunci: Concept Learning, Wortschatz, Bahasa Jerman

Full Text:

PDF

References


Ausebel, D. P. 1968. Educational Psychology A Cognititive View. Holt, Rinehart & Winston

Djamar, Syaiful Bahri. Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta)

Gagne, R. M. 1985. Tthe Conditions of Learning and Theory of Instruction (4h). Holt, Rinehart & Winston

Götz, Dieter. 2015. Langenscheidt Großwörterbuch – Deutsch als Fremdsprache. Wien: Langenscheidt.

Hermawan, Iyep Candra. 2018. Penerapan Concept Learning Model Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sma Pgri Kabupaten Cianjur, Jurnal Integralistik No.2/Th. XXIX/2018

Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Utama

Mayer, R. E.2004. Should There – Strikes Rule Against Pure Discovery Learning American Psychologist. 59 (1). 14-19

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.