Concept Learning dalam Pembelajaran Wortschatz Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh data dan informasi tentang keefektifan Concept Learning dalam pembelajaran kosakata (Wortschatz) bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Data dan informasi tersebut penting untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Jerman khususnya dalam usaha peningkatan kosakata (Wortschatz) bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun akademik 2021/2022 Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar dengan jumlah keseluruhan kelas sebanyak 2 kelas dan jumlah mahasiswa sebanyak 46 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Untuk menentukan kelas yang akan dijadikan sampel dalam penelitian, peneliti melakukan pengundian. Dari keseluruhan populasi yang ada, diambil 2 kelas secara acak untuk dijadikan sampel. Dari hasil pemilihan secara acak terpilih kelas A terdiri atas 23 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B terdiri atas 23 mahasiswa sebagai kelas kontrol.Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (1,473 > ttabel 0,685) dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis bahwa terima H1 jika thitung lebih besar dari ttabel dan terima H0 jika thitung lebih kecil dari ttabel.. H0 dalam penelitian ini yang berbunyi penggunaan pembelajaran Concept Learning tidak efektif terhadap hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman ditolak, karena thitung 1,473 > ttabel 0,685, sehingga H1 dalam penelitian ini yang berbunyi penggunaan pembelajaran Concept Learning efektif terhadap hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman diterima. Konsekuensi dari penolakan H0, maka H1 dalam penelitian ini yang berbunyi penggunaan pembelajaran Concept Learning efektif terhadap hasil belajar kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman diterima, karena thitung 1,473 > ttabel 0,685. Dengan diterimanya H1 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Concept Learning efektif terhadap hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman. Dengan diterimanya H1 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Concept Learning efektif terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman (Wortshatz) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman.
Kata Kunci: Concept Learning, Wortschatz, Bahasa Jerman
Full Text:
PDFReferences
Ausebel, D. P. 1968. Educational Psychology A Cognititive View. Holt, Rinehart & Winston
Djamar, Syaiful Bahri. Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta)
Gagne, R. M. 1985. Tthe Conditions of Learning and Theory of Instruction (4h). Holt, Rinehart & Winston
Götz, Dieter. 2015. Langenscheidt Großwörterbuch – Deutsch als Fremdsprache. Wien: Langenscheidt.
Hermawan, Iyep Candra. 2018. Penerapan Concept Learning Model Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sma Pgri Kabupaten Cianjur, Jurnal Integralistik No.2/Th. XXIX/2018
Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Utama
Mayer, R. E.2004. Should There – Strikes Rule Against Pure Discovery Learning American Psychologist. 59 (1). 14-19
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Article Metrics
Abstract view : 57 times | PDF view : 35 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.