Pengaruh Kinerja Sosial dan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021

Masnawaty Sangkala(1*), Hajrah Hamzah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pengetahuan tentang penyusunan laporan keuangan merupakan hal yang penting dalam mendukung kelanjutan dan daya saing usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja lingkungan hidup pengungkapan lingkungan perusahaan. Pengukuran lingkungan kinerja diproksi dengan peringkat PROPER (Program Pengendalian Pencemaran, Evaluasi, dan Ratting), sedangkan pengungkapan lingkungan diproksi dengan IER indeks (Indeks Pelaporan Lingkungan Hidup Indonesia). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan lingkungan. Hubungan antara kinerja lingkungan dengan kinerja keuangan perusahaan yaitu jika suatu perusahaan melakukan pengungkapan informasi dan mutu lingkungan maka perusahaan dikatakan akan meningkatkan nilai perusahaan. Kinerja lingkungan adalah kinerja perusahaan dalam menciptakan lingkungan yang baik (green). Pada pengungkapan kinerja lingkungan perusahaan, peneliti melihat dari ada tidaknya pengungkapan atau pelaksanaan program kinerja lingkungan perusahaan yang tertuang pada Sustanaibility Reporting (SR) atau dalam laporan tahunan. Pengungkapan kinerja sosial yang baik akan memberikan kepercayaan dan hubungan yang baik dengan konsumen. Selain itu tenaga kerja akan menjadi lebih semangat dan loyal terhadap perusahaan karena kinerja sosianya yang baik

 

Kata Kunci: Laporan Keuangan, Pengaruh Kinerja Sosial dan Lingkungan

 


Full Text:

PDF

References


Ajilaksana, I Dewa K.Y. 2011. Pengaruh Corporate Sosial Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan.Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Anggraini, F.R.R. 2006.“Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta).”Simposium Nasional Akuntansi IX di Padang.

Astuti S. Pengaruh Kinerja Sosial dan Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Barkemeyer. (2007). Legitimacy as as Key Driver And Determinant of CSR in Developing Countries. Paper For the 2007 Marle Curle Summer School on Earth System Govermance, Amsterdam.

Daniri, M.A. 2008a. “Standarisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (BagI).”www.madani- ri.com/2008/01/17/standarisasi- tanggung-jawab-sosial-perusahaan- bag-i/(diakses 19 Februari 2013).

Fitriani, A. 2013.Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Biaya Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Pada BUMN.Jurnal Ilmu Manajemen.Vol.1, No. 1. Indrawan, DC. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Lako A. 2011. Dekonstruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi.Jakarta.Erlangga.

Lindrianasari. 2007.“Hubungan Antara Kinerja Lingkungan Dan Kualitas Pengungkapan Lingkungan Dengan Kinerja Ekonomi di Indonesia.” JAAI, (Online), Vol.11, No.2. 159-172.

Rakhiemah, A.N dan Agustia, D. 2009.Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap CSR Dan Kinerja Finansial Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI.Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga. Rosyid, Ahmad.2015. “Pengaruh Kinerja Sosial dan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan”. Jurnal Penelitian Volume 12, Nomor 1 Mei 2015.Hlm.23-85.

Rura, Yohanis. 2006. Kinerja Lingkungan Sebagai Alat Ukur Kinerja Perusahaan (Kritik Atas Balanced Scorecard). Seminar Mingguan Program Pascasarjana.Malang: Universitas Brawijaya.

Sayekti, Y &Wondabio, L. 2007.“Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coeficient”.Simposium Nasional AkuntansiX.

Titisari, KH. 2010. “Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Perusahaan”. Simposium Nasional Akuntansi X III. Zubaidah, Siti, 2003. Pengaruh Biaya Sosial terhadap Kinerja Sosial dan Keuangan Perusahaan yang listing di Bursa Efek Jakarta.Skripsi. Bandung: Institut Tinggi Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.