Profil Keterampilam Berpikir Komputasi Kompetensi Gizi Keluarga Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (PKK FT UNM)

Andi Hudiah(1*), Darlan Sidik(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Artikel ini merupakan hasil penelitian semester genap tahun pelaksanaan 2022/2023. Masalah utama adalah: kurangnya latihan dan masih rendahnya  keterampilan berpikir komputasi mahasiswa  menyelesaikan masalah pembelajaran di PKK FT UNM. Secara spesifik masalah penelitian  adalah: 1). Bagaimana menerapkan Keterampilan Berpikir Komputasi sebagai strategi penyelesaian masalah bagi mahasiswa PKK FT UNM untuk menyelesaikan soal kompetensi gizi keluarga?,2) Bagaimana hasil  Domain Keterampilan Berpikir Komputasi melalaui serangkaian tes mahasiswa PKK FT UNM  untuk menyelesaikan soal kompetensi gizi keluarga ?. Tujuan adalah:1) Mendapatkan data empirik kemampuan penerapan keterampilan berpikir komputasi  untuk menyelesaikan soal kompetensi gizi keluarga, 2). Memperoleh data empirik penerapan domaian keterampilan berpikir komputasi mahasiswa PKK FT UNM. Metode digunakan adalah   deskripstif prosentase dilakukan dengan memberikan soal bidang studi gizi keluarga, item soal berjumlah 20 dan setiap item soal terdapat hanya satu domain keterampilan berpikir komputasi. Hasil menunjukkan bahwa domain keterampilan berpikir komputasi diperoleh yaitu: 1). Dekomposisi sebesar 71.88%, 2). Algoritmatik sebesar 50%, 3). Pengenalan Pola sebesar 46.88%, dan 4). Abstrak dan Generalisasi sebesar 31,25%. Simpulan hasil,  bahwa keterampilan berpikir komputasi domain Dekomposisi berada pada kemampuan yang tinggi, sehingga domain lainnya perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk menguatkan hasil pengabdian  ini pada mahasiswa PKK FT UNM.  

 

Kata Kunci: Profil, Keterampilan Berpikir Komputasi


Full Text:

PDF

References


Ahcmat Hamundu, Muhammad Sudia, H. S. (2017). Profil Pemecahan Masalah Terbuka yang Ditinjau dari Self Regulated learning Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 148–158.

Akhdiyat, A. M., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1045–1054.

Angeli, C., & Giannakos, M. (2020). Computational thinking education: Issues and challenges. Computers in Human Behavior, 105. https://doi.org/10.1016/ j.chb.2019.106185.

Astuti FD, Sulistyowati TF. (2012)Pendapatan Keluarga dengan Status Gizi Anak Prasekolah dan Sekolah Dasar Di Kecamatan Godean. ISSN:1978-0575. 7(1): 15-20.

Città, G., Gentile, M., Allegra, M., Arrigo, M., Conti, D., Ottaviano, S., Reale, F., & Sciortino, M. (2019). The effects of mental rotation on computational thinking. Computers and Education, 141(June), 0–10. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103613.

Darlan Sidik,. (2021). Pembelajaran Keterampilan Berpikir Komputasi “ Panduan Inovator Pembelajaran”. ISBN 978-623-387-017-7. Makassar. Badan Penerbit UNM.

Eri Saputra, Samsul Bahri, E. F. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra pada Matakuliah Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Malikussaleh. Jurnal Numeracy, 6(2), 212–217.

Gadanidis, G., Cendros, R., Floyd, L., & Namukasa, I. (2017). Computational thinking in mathematics teacher education. Contemporary Issues in Technology & Teacher Education, 17(4), 458–477.

Gog, T. Van, Hoogerheide, V., & Harsel, M. Van. (2020). The Role of Mental Effort in Fostering Self-Regulated Learning with Problem-Solving Tasks.

Hadin, Helmy Muhammad Pauji, U. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 657–666.

Koca, B. and Arkan, G. (2020) ‘The relationship between adolescents’ nutrition literacy and food habits, and affecting factors’, Public Health Nutrition [Preprint], (3). doi:10.1017/S1368980020001494.

Kurniawati E. (2001). Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita di kelurahan Baledono, kecamatan Purworejo, kabupaten Purworejo. Gizi Indonesia. 2001;34(1):22-31.

Ioannidou, A., Bennett, V., Repenning, A., Koh, K. H., & Basawapatna, A. (2011). Computational Thinking Patterns. Online Submission, 2.

Lee, T. Y., Mauriello, M. L., Ahn, J., & Bederson, B. B. (2014). CTArcade: Computational Thinking with Games in School Age Children. International Journal of Child-Computer Interaction, 2(1), 26–33. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2014.06.003.

Likert, R. (1932). Technique for the measurement of attitudes (R. S. Woodiyorte (ed.)). Archives of Psychology.

Muhsin, Husna, dan P. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Numeracy, 7(1), 95–108.

Nur ‘Afifah, S. P. (2019). Hubungan Berpikir Kreatif dan Softskill Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Jurnal Numeracy, 6(1), 64– Jurnal Numeracy Vol. 8, No. 1, April 2021|72 75.

Nuraisa, D., Azizah, A. N., Nopitasari, D., & Maharani, S. (2019). Exploring Students Computational Thinking based on Self-Regulated Learning in the Solution of Linear Program Problem. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(1), 30. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i1.4871 OECD. (2013).

Osei A, Houser R, Bulusu S, Joshi T, Hamer D. Nutritional status of primary school children in

Garhwali Himalayan villages of India. Food and Nutrition Bulletin. (2): 221-33.

PISA (2012) Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. German: OECD Publishing.

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15 Year Olds Know and Qhat They Can Do with What They Know. German: OECD Publishing.

Suhartina, R., Farhan, M. S., & Nurjaman, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP di Kota Cimahi pada Materi Operasi Aljabar Ditinjau dari Self Regulated. 01(03), 203–210.

Syahrul Anwar, Heni Pujiastuti, A. M. (2019). Pengaruh Contextual Teaching And Learning Dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis. Prima, 3(2), 116–133.

Tedre, M., & Denning, P. J. (2016). The long quest for computational thinking. ACM International Conference Proceeding Series, 120–129. https://doi.org/10.1145/ 2999541.2999542.

Weintrop, D., Beheshti, E., Horn, M., Orton, K., Jona, K., Trouille, L., & Wilensky, U. (2016). Defining Computational Thinking for Mathematics and Science Classrooms. Journal of Science Education and Technology, 25(1), 127–147. https://doi.org/10.1007/s10956-015- 9581-5.

Wing, J. (2014). Computational thinking benefits society. Journal of Computing Sciences in Colleges, 24(6), 6–7. https://doi.org/10.1145/1227504.1227378.

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. 1(2


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.