Upaya Meningkatkan Suasana Pembelajaran Jarak Jauh yang Menyenangkan Mata Pelajaran Matematika (Himpunan) Melalui Media Game Edukasi Wordwall Kelas VII SMP Al Bayan Islamic School

Putri Septembriani(1*), Indah Purnama Sari(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Sistem pendidikan jarak jauh (PJJ) merupakan sebuah inovasi abad 21 dengan berbasiskan TIK. PJJ merupakan sistem pendidikan yang memiliki daya jangkau luas lintas ruang, waktu, dan sosioekonomi (Pustekkom, 2012). Matematika adalah suatu bidang ilmu yang mengglobal. Ia hidup di alam tanpa batas. Eksistensinya di dunia sangat dibutuhkan dan kehidupannya terus berkembang sejalan dengan tuntutan kebutuhan umat manusia, karena tidak ada kegiatan/tingkah laku manusia yang terlepas dari matematika (Kamarullah, 2017). Beralasan sifat matematika yang abstrak, tidak sedikit peserta didik yang masih menganggap matematika itu sulit. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan Russefendi bahwa “terdapat banyak anak-anak setelah belajar matematika bagian yang sederhana, banyak yang tidak dipahaminya, dan banyak konsep yang dipahami secara keliru. Matematika dianggap sebagai ilmu yang sukar dan banyak memperdayakan” (Surya, 2012). Salah satu teknologi berbasis komputer yang sedang dikembangkan saat ini adalah permainan (Rusman, et al.,2013) menyatakan bahwa permainan sebagai media pembelajaran dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan dapat menegurangi kejenuhan terhadap informasi atau materi yang disampaikan. Permainan yang digunakan untuk pembelajaran Matematika materi Himpunan pada penelitian ini bernama Wordwall. Diharapkan pada penelitian ini motivasi peserta didik dalam belajar Matematika dengan PJJ meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan dalam setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan. Pada siklus I, persentase keberhasilan menunjukkan 45% tergolong kurang aktif, pada siklus II meningkat menjadi 85% tergolong aktif.

 

Kata Kunci: Pendidikan jarak jauh, matematika, wordwall

Full Text:

PDF

References


Donald Clark. (2006). Game and e-learning. Sunderland: Caspian Learning. www.caspianlearning.co.uk

Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol. 1, No. 1

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2016(edisi revisi). Buku Guru Kurikulum 2013 Matematika kelas VII semester 1. Jakarta: kemdikbud

Moore, M. G. 1993. Theory of transactional distance. Dalam D. Keegan, Theoretical principles of distance education, pp. 22- 38. New York: Routledge.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Kominukasi. Penerbit Alfabeta : Bandung.

Novitasari Dian. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vo.2 No.2.

Peters, O. 1993. Distance education in post-industrial society. Dalam D. Keegan (Ed.), 1993, Otto Peters on distance education. The industrialization of teaching and learning, pp. 220-240. New York: Routledge.

[PUSTEKKOM] Pusat Teknologi dan Informasi dan Komunikasi Pendidikan. 2009, 30 Tahun Kiprah Pustekkom dalam Pendidikan Kemdiknas

[PUSTEKKOM] Pusat Teknologi dan Informasi dan Komunikasi Pendidikan. 2012. Naskah Akademik Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh Pendidikan Menengah, Pustekkom, Kemdikbud, Jakarta

Rusman, Deni Kurniawan & Cepi Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sadiman, Arief S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar

Surya, Edy. (2012). Visual Thinking dalam memaksimalkan pembelajaran Matematika siswa dapat membangun karakter bangsa, UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-28357- Visual%20Thinking%20dan%20Karakter.pdf .

Taufik. (2013). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Himpunan di SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 1, 404–412.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.