Modal Sosial dan Intensi Wirausaha pada Mahasiswa

Hilwa Anwar(1*), Abdul Rahmat(2), St Hadjar Nurul Istiqomah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Intensi wirausaha merupakan indikator penting dalam memulai usaha. Oleh karena itu, peningkatan intensi wirausaha pada mahasiswa memegang peran penting dalam meningkatkan jumlah wirausaha muda. Dengan meningkatnya wirausaha dari kalangan mahasiswa akan mengurangi jumlah pengangguran bahkan menambah jumlah lapangan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan modal sosial dan intensi berwirausaha pada mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode skala secara online. Skala yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Skala Modal Sosial dan 2) Skala Intensi Berwirausaha. Subjek penelitian adalah mahasiswa UNM sebanyak 120 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson’s Product Moment. Implikasi penting dari hasil penelitian ini adalah menumbuhkan intensi wirausaha mahasiswa melalui pengembangan kewirausahaan di lingkup akademik, dalam hal kebijakan kurikulum pendidikan dan program pelatihan, terutama yang terkait dengan modal sosial pada mahasiswa.

 

Kata Kunci: modal sosial, intensi wirausaha, mahasiswa

 


Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2002). Perceived Behavioral Control, Self-Efficacy, Locus of Control, and the Theory of Planned Behavior. 32(Journal of Applied Social Psychology), 1–20.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behaviour. https://psicoexperimental.files.wordpress.com/2011/03/ajzeni-2005-attitudes- personality-and-behaviour-2nd-ed-open-university-press.pdf

Alexy, O. T., Block, J. H., Sandner, P., & ter Wal, A. L. J. (2012). Social capital of venture capitalists and start-up funding. Small Business Economics, 39(4), 835–851. https://doi.org/10.1007/s11187-011-9337-4

Ali, A., & Yousuf, S. (2019). Social capital and entrepreneurial intention: empirical evidence from rural community of Pakistan. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40497-019-0193-z

Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Biraglia, A., & Kadile, V. (2017). The Role of Entrepreneurial Passion and Creativity in Developing Entrepreneurial Intentions: Insights from American Homebrewers. Journal of Small Business Management, 55(1), 170–188. https://doi.org/10.1111/jsbm.12242

Costa, T. G. da, & Mares, P. (2016). Factors affecting students’ entrepreneurial intentions of Polytechnic Institute of Setubal: a cognitive approach. Revista de Administração, Contabilidade e Economia Da Fundace, 7(1). https://doi.org/10.13059/racef.v7i1.175

Fahlevi, M., & Yusnaidi. (2020). Entrepreneurial Leadership, Self Efficacy, Inovasi Dan Modal Sosial Dalam Berwirausaha Di Sektor Ekonomi Kreatif. Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.

Fahlevi SI, M., & Yusnaidi, Y. (2020). Entrepreneurial Leadership, Self Efficacy, Inovasi Dan Modal Sosial Dalam Berwirausaha Di Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 13–25. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1986

Haris, M. N. (2019). Analisis Peran Modal Sosial dalam Mengatasi Permasalahan Permodalan, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, dan Produksi pada UMKM (Studi Kasus Paguyuban UMKM di Kota Malang).

Ilouga, S. N., Mouloungui, A. C. M., & Battistelli, A. (2020). Development and Validation of the Entrepreneurial Opinions Scale among the Cameroonian Self-Made Men and Women. Sociology Mind, 10(03), 127–148. https://doi.org/10.4236/sm.2020.103009

Malebana, M. J. (2016). The Infl Uencing Role Of Social Capital In The Formation Of Entrepreneurial Intention. In iiS outhern African Business Review (Vol. 20).

Primadona. (2017). Pengaruh Modal Sosial Terhadap Keberhasilan Wirausaha Di Kota Padang (Vol. 9, Issue 2).

Susilowati, kartika D. S. (2011). Modal Sosial dan Perannnya Dalam Berwirausaha. JAMSWAP.

Yulianti, R. (2020). Hubungan Kecerdasan Menghadapi Kesulitan Dengan Intensi Berwirausaha Pada Anggota Mulawarman Youth Entrepreneur. 8(1), 1–7.

Zaremohzzabieh, Z. (2019). Predicting social entrepreneurial intention: A meta-analytic path analysis based on the theory of planned behavior. Journal of Business Research, 96, 264–276.


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.