Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar Rias Implementasi Model PJBL untuk di S1 Prodi PKK FT UNM

A Nur Maida(1*), Izmi Burhanuddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan  Research and Development (R&D).yang bertujuan  untuk mengembangkan bahan ajar modul cetak pada mata kuliah  dasar rias di Prodi PKK FT UNM dengan menerapkan model pembelajaran projek basis learning. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Prodi PKK S1. Penelitian dilakukan dengan  menggunakan model 4D (Four D) yang terdiri dari 4 tahap  yaitu: define, design, develop dan disseminate. Instrumen pengumpulan datanya  yaitu: instrument validasi bahan ajar bahasa materi dari ahli materi dan ahli media, kategori penerimaan dan kepraktisan serta respon mahasiswa dan dosen terhadap bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar modul cetak dengan menerapkan model PjBl dengan nilai rata-rata 90%  termasuk dalam kategori valid. Berdasarkan validasi bahan ajar aspek bahasa dan materi dari ahli materi 80 %. Bahan ajar dari aspek bahasa dan materi dari ahli media  90% Kategori penerimaan dan kepraktisan 90% dan Validasi respon mahasiswa dan dosen 95% hal ini berarti evektifitas meningkatkan aktifitas mahasiswa berdampak terhadap hasil belajarnya. Dengan demikian  disimpulkan bahwa bahan ajar Dasar Rias dengan model projek besed Learning (PjBl) yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman keterampilan dalam memecahkan masalah dan penerapan pengetahuan berpikir kritis, berkolaborasi dan berkomunikasi dalam konteks situasi nyata

 

 

Kata Kunci: Model PJBL, Pengembangan, Bahan Ajar


Full Text:

PDF

References


Amini, R. 2017. The Development Of Integrated Learning Based Students’ Book To Improve ElementaSchool Students’ Competence. Unnes Science Edication Journal, 6(2), 1586–1592.

Baş, G., 2011. Investigating the effects of project-based learning on students’ academic achievement and attitudes towards english lesson, The OnlineJournal of New Horizon in EducationVol 1, No 4, Hal: 1-15.

Ina Magdale dkk. 2020. Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 2, Nomor 2, Juli 2020; 170-187 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Md-Ali, R., Karim, H. B. B. A., & Yusof, F. M. (2016). Experienced primary school teachers’ thoughts on effective teachers of literacy and numeracy. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 13(1), 43–62. https://doi.org/10.32890/mjli2016.13.1.3

Rahima Ismail, dkk. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5 No 2 Tahun 2021 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147. DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.808

Sudirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: CV Alfabeta.

Syukur, S. K., Fitria, Y., & F, F. 2021. Pengembangan Bahan Ajar IPA Tema 8 Menggunakan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Pendipa Journal Of Science Education, 6(1), 120–127.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovetif-Progresif: Konsep Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Wulandari, R. (2015). Pembelajaran Terpadu Untuk Mengembangkan Kecakapan Hidup Di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 102–109. Retrieved From Https://Www.Jstor.Org/Stable/749784?Read Now=1&Seq=1#Page_Scan_Tab_Contents


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.