Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Seni Ukir Tradisional Toraja bagi Siswa Sekolah Menengah Tingkat Atas di Toraja Utara (Fase Perancangan)

Tangsi Tangsi(1*), Sofyan Salam(2), Muhammad Saleh Husain(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berfokus pada melakukan perancangan buklet untuk apresiasi Seni ukir kayu tradisional Toraja bagi siswa sekolah menengah tingkat atas di Kabupaten Toraja Utara. Adapun pertanyaan penelitian untuk fase perancangan ini adalah: Bagaimana merancang buklet tentang seni ukir kayu tradisional Toraja berbasis kebutuhan peserta didik yang valid dalam hal isi, kebahasaan, dan kegrafikaan? Sumber data penelitian ini adalah karya seni ukir kayu Toraja, bahan pustaka yang relevan dengan perancangan bahan ajar, dan ahli pembelajaran dan guru sebagai validator. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) studi pustaka untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan bahan ajar yang dirancang, (2) observasi dan dokumentasi untuk keperluan ilustrasi bahan ajar; (3) review ahli pembelajaran dan guru sekolah menengah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dalam rangka menghasilkan produk yang merupakan luaran penelitian ini yakni buklet yang berjudul “Mengenal Seni Ukir Kayu Toraja.” Buklet ini sebagaimana yang dibutuhkan oleh peserta didik adalah tidak terlalu tebal, berisi hal esensial, dan format buku berupa kertas ukuran Quarto dengan ilustrasi yang jelas dan menarik, serta sampul multiwarna berupa paperback.  Rancangan buklet tersebut ketebalan 32 halaman, memiliki isi sebagai berikut: (1) Bagian awal yang terdiri atas halaman sampul, pengantar, pendahuluan, dan daftar isi; (2) Bagian inti yang terdiri atas enam unit yakni passura,’keunikan dan fungsi; mitos dan ritual; motif hias; pembuatan; lokasi produksi; dan pengukir; Pada Bagian inti ini dimuat 21 buah ilustrasi berupa foto dan gambar. (3) Bagian akhir yang terdiri atas referensi dan biodata singkat penulis. Mengingat penelitian ini barulah merupakan fase prancangan, maka disarankan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penelitian ini tetap memberikan dukungannya bagi pelaksanaan penelitian tahap berikutnya. 

 

 

Kata Kunci: Bahan ajar, apresiasi seni rupa, seni ukir kayu tradisional, Toraja Utara

Full Text:

PDF

References


Aldoobie, Nada. 2015. ADDIE Model. America International Journal of Contemporary Research. Vol 5 No. 6. Essentials of Instructional Design. New York, London: Routledge.

Brown, Abbie H dan Timothy D Green. 2016. The Essentials of Instructional Design. New York, London: Routledge

BSNP. 2006. Instrumen Penilaian tahap II Buku Teks Pelajaran Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Dove, Michael R. 1988. “Introduction”.The Real and Imagined Role of Culture in Development. Ed. Michael R. Dove. Honolulu: University of Hawai. Hal 1-37.

Hooker, Virginia Matheson dan Howard Dick. Michael R. 1988. “Introduction”Culture and Society in New Order Indonesia. Kuala Lumpur: Oxford University Press. Hal 1-37.

Nahak, Hildigardis M.I. 2019. “Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi”.Jurnal Sosiologi Nusantara Vol 5 No. 1 hal 165-176. DOI ://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Nasution. Sejarah Pendidikan Indonesia. Bandung: Jemmars, 1983.

Peterson, Christine. 2003. “Bringing ADDIE to Life: Instructional Design at Its Best.” Journal of Educational Media and Hypermedia. 12 (3). Hal 277-241.

Richey, Rita dan James D. Klein. 2005. “Developmental Research Methods: Creating Knowledge from Instructional design and Development Practice.”Journal of Computing in Higher Education. Vol 16 (2) hal 23-38.

Salam Sofyan. 1998. A Proposal of Curricular Goals and Objectives for Teaching Students Skills to Create the Traditional art Of South-Sulawesi as A Part of The Muatan Lokal Program in the kumala Elementary School of Ujung Pandang Indonesia. Unpublished Thesis. Iowa City: University of Iowa.

Salam, Husain, Tangsi. 2018. Motif-Hias NonSakral Seni Ukir Toraja. Laporan Penelitian tidak dipublikasikan. Makassar: UNM.

Salam, Husain, Tangsi. 2017. “The Symbolic Meaning of Toraja Carving Motifs” Panggung, 3 September 2017, Vol 27. Hal 284-292.

Smith, Patricia L dan Tillman J Ragan. 1993. Instructional Design. New York. Macmillan..

Soedarso, SP, dkk.. 1972. Buku Petunjuk Metoda Mengajar Seni Rupa di Sekolah Dasar Yogyakarta: PKMM.

Tangsi, Salam, Husain. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi seni Ukir Tradisional Toraja bagi Siswa Sekolah Menengah Tingkat atas di Toraja Utara (Fase Perancangan) Laporan Penelitian tidak dipublikasikan. Makassar: UNM.

Ulumuddin, Ihya. dkk. 2017. Buku Teks dan Pengayaan. Jakarta: Kemendikbud Balitbang Pusat Penelitian dan Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Taylor, Paul Michael dan Lorraine V. Aragon 1991. Beyond the Java Sea: Art of Indonesia’s Outhe Islands. Washington, DC: Smithsonian.


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.