Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru SD di Kabupaten Takalar

Ridwan Daud Mahande(1*), Wahyu Hidayat(2), Muh Risal Samad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru SD di Kabupaten Takalar. Media pembelajaran ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep pelajaran. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research & Development (R&D). Model yang digunakan ialah waterfall. Sementara itu, angket respon peserta didik digunakan untuk menilai ketertarikan dan respons mereka terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini telah berhasil dikembangkan dengan kualitas yang sangat baik. Adapun respon dari peserta didik terhadap media pembelajaran tersebut juga posistif dengan persentase kategori sangat layak sebesar 90%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di tingkat SD, khususnya di Kabupaten Takalar. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi peneliti dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik guru dan siswa di tingkat SD.

 

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Interaktif


Full Text:

PDF

References


Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V10i1.18534

Giri Wiarto. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. (Yogyakarta:Laksitas, 2016)h. 3 .

Ilham Eka Putri, Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif” Jurnal Tekioif, Vol 2 No 1 (2015) h. 20 .

Ramayulis. Dasar-Dasar Pendidikan Satu Pengantar Ilmu Pendidikan. (Jakarta: Kalam Mulia, 2015). h.213


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.