Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT bagi Guru SMP di Kabupaten Takalar

Dyah Darma Andayani(1*), Ummu Khadanah(2), Rismawati Rismawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis IT yang baik untuk jenjang SMP. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model waterfall dan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, yaitu langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis IT jenjang SMP yang telah dikembangkan termasuk kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Penilaian ahli materi dari aspek materi pembelajaran mendapat penilaian 81,3% dengan kategori baik dan ahli media menyebutkan bahwa dari aspek media pembelajaran memiliki kategori sangat baik dengan perolehan 93,33%.

  

Kata Kunci: Media Pembelajaran, IT, Guru SMP

 


Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2.

Arsyad, Azhar, (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V10i1.18534

Azhar Rasyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Grafindo Persada, 2011).

Data Pokok Pendidikan Kabupaten Takalar memiliki jumlah Sekolah Menengah Pertama. Dapo.kemdikbud.go.id.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Dian Indriana, Ragam Alat Bantu Pengajaran,cet pertama. (Jogjakarta: DIVA Press, 2011).

Giri Wiarto. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. (Yogyakarta:Laksitas, 2016).

Hamalik, 1994. Media Pendidikan . Bandung : Citra Aditya Bakti.

Ilham Eka Putri, Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif” Jurnal Tekioif, Vol 2 No 1 (2015) h. 20 .

Lantip Diat dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media

Mashudi, Toha dkk, (2007 :3): Pembelajaran di SD. Diakses dari laman web pada tanggal 27 April 2016 Pukul 16.00 WIB dari: http://masguruonline.wordpress.com/2013/05/20/karakteristik– umumpembelajarandisekolahdasar/

Nunuk Suryani,dkk. (2018). Media Pembeljaarann Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar” Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami,(Bandung: PT Refika Aditama, 2007)

Ramayulis. Dasar-Dasar Pendidikan Satu Pengantar Ilmu Pendidikan. (Jakarta: Kalam Mulia, 2015). h.213

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Y. Maryono B. Patmi Istiana, Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 SMP Kelas VII, (Bogor: Quadra 2008)


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.