Analisis Pemahaman Dosen Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman dosen terhadap program MBKM. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah dosen-dosen Universitas Negeri Makassar yang mengikuti program Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematika (KKNT). Alat yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan melalui jotform. Indikator yang digunakan adalah aspek kurikulum, program-program Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM, pelaksanaan BKP, administrasi SIM MBKM, dan rekognisi kegiatan untuk konversi Satuan Kredit Semester (SKS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya, indikator-indikator tersebut diketahui oleh dosen dengan pemahaman yang baik yakni bersifat sebagian besar.
Kata Kunci: Analisis, Pemahaman, Program MBKM
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Krishnapatria, K. (2021). MBKM Curriculum in English Studies Program: Challenges and Opportunities. ELT in Focus, 4(1), 15–38. https://doi.org/10.35706/eltinfc.v4i1.5 276
Kodrat, D. (2021). Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.47076/jkpis.v4i1.60
Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal tabularasa, 6(1), 87-97.
Purwanti, E. (2021). Preparing the Implementation of Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Policy in Higher Education Institutions . 518(ICoSIHESS 2020), 384–391. https://doi.org/10.2991/assehr.k.21012 0.149
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Article Metrics
Abstract view : 31 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.