Pengaruh Literasi Digital, Literasi Keuangan dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Inanna Inanna(1*), Rahmatullah Rahmatullah(2), Andi Tenri Ampa(3), Tuti Supatminingsih(4), Muhammad Dinar(5), Nur Fajrinah(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital, literasi keuangan, dan inovasi berdampak pada kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini berfokus pada populasi sebanyak 50 pelaku usaha UMKM di Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji f, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, Literasi Digital, Literasi Keuangan, dan Inovasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng.

 

Kata Kunci: Literasi Digital, Literasi Keuangan, Inovasi, Kinerja UMKM

 


Full Text:

PDF

References


Amiruddin, A. (2018). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Binaan Dinas Perdagangan Kota Surabaya Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan. Repositori Universitas Airlangga. Universitas Airlangga. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74542

Aribawa, Dwitya. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM Di Jawa Tengah. Yogyakarta. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1).

Byukusenge, E., & Munene, J. C. (2017). Knowledge management and business performance: Does innovation matter? Cogent Business and Management, 4(1), 82–92. https://doi.org/10.1080/23311975.2017.1368434

Curatman, A. dkk. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, XVIII(3), 61–75.

Dahmen, P., & Rodríguez, E. (2014). Financial Literacy and the Success of Small Businesses: An Observation from a Small Business Development Center. Numeracy, 7(1). https://doi.org/10.5038/1936-4660.7.1.3

Damanpour, F., & Aravind, D. (2012). Organizational Structure and Innovation Revisited. In Handbook of Organizational Creativity (pp. 483–513). https://doi.org/10.1016/B978-0- 12-374714-3.00019-7

Darwis, D., & Yusiana, T., Penggunaan Metode Analisis Historis untuk Menentukan Anggaran Produksi, 2016. Jurnal Expert Vol.6 No.2.

Desiyanti, R. (2017). Literasi dan inklusi keuangan serta indeks utilitas UMKM di Padang.

Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 2(02), 122–134

Deloitte. (2015). Pemicu Kemajuan Indonesia: Instrumen Pertumbuhan Bangsa. Japanese Journal of Geriatrics, 35(7), 566–570. https://doi.org/10.3143/geriatrics.35.566

Drexler, A., Fischer, G., & Schoar, A. (2014). Keeping it simple: Financial literacy and rules of thumb. American Economic Journal: Applied Economics, 6(2), 1- 31.

Eresia-Eke, C. E., & Raath, C. (2013). SMME Owners‟ financial literacy and business growth. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(13), 397–406. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n13p397

Kojo Oseifuah, E. (2010). Financial literacy and youth entrepreneurship in South Africa. African Journal of Economic and Management Studies, 1(2), 164–182. https://doi.org/10.1108/20400701011073473

Mahzura, T. A. S. (2020). Pemanfaatan E-Commerce dalam Peningkatan Penjualan pada Buger Sei Putih Kota Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 2(1), 65–80. https://doi.org/10.34012/jebim.v2i1.1178

Mulyawan, Setia. 2015. Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Bandung: Pustaka Setia Muraga, K.P., & John, N. (2015). Effects of financial literacy on performance of youth led

entreprises: A case of equity group foundation training program in Kiambu County. International Journal of Social Sciences Management and Entrepreneurship, 2(1), 218- 231.

Prayoga, A., & Muryanti, E. (2021). Peran Guru Dalam Pengenalan Literasi Digital Pada Anak Usia Dini Pada Masa Covid-19 Di Tk Se-Kecamatan. 4, 11–22.

Rahayu, A. Y. and Musdholifah (2017) „Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlanjutan Umkm Di Kota Surabaya‟, Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2016), pp. 1–7

R. Rahmatullah, I. Inanna, A. Isma, and M. Rahmattullah, “The Effect of the Role of Economic Literacy,” Entrep. Lit. Young Entrep. Behav. Pendidik., vol. 17, no. 2, pp. 240–252, 2022, doi: 10.15294/dp.v17i2.40274.

Slamet et al., (2016) Strategi Pengembangan UKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Lex Crimen, 5(3), 57–65.

Sukri, S., & Arisandi, D. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk Kuliner Usaha Kecil dan Menengah di Pekanbaru. Jurnal Buana Informatika, 8(4). https://doi.org/10.24002/jbi.v8i4.1447

Suryani, U., Bramantoro, S., Arief, M., & Hamsal, M. (2020). The 5 th International Conference on Family Business and Entrepreneurship Impact of Digital Literacy and Market Orientation Through E-Commerce Adoption on The MSME Performance Moderated by O2O Business Adoption. 110–121.

Wibowo, Y. G. (2021). Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 127– 134. https://doi.org/10.32528/jmbi.v7i1.5072

Widiyanti, A. E. (2016). Literasi Keuangan Dan Dampaknya Pada Pemilihan Sumber Pendanaan Ukm Pada Wilayah Gerbang Kertasusila. 1–13


Article Metrics

Abstract view : 86 times | PDF view : 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.