Pengembangan Model Pencegahan Perundungan Melalui Teman Sebaya di Perguruan Tinggi

Farida Aryani(1*), Suciani Latif(2), Sinta Nurul Oktaviana Kasim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perilaku bullying merupakan salah satu dari 3 dosa besar menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi saat ini, bukan hanya di sekolah tapi juga terjadi di perguruan tinggi. Perguruan tinggi seharusnya menjadi tempat yang nyaman bagi mahasiswa untuk belajar dan berkembang, maka dari itu penting untuk menciptakan lingkungan yang positif di perguruan tinggi melalui Program Roots. Program Roots adalah upaya pencegahan perundungan melalui peran teman sebaya yang diadaptasi dari Program UNICEF. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran perilaku bullying pada mahasiswa, (2) untuk mengetahui kebutuhan model pencegahan perundungan di perguruan tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Pangkep pada mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dari Borg and Gall. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) analisis kebutuhan mahasiswa terhadap modul pencegahan perundungan melalui teman sebaya adalah tinggi berdasarkan dari perilaku bullying yang tinggi, (2) dihasilkan modul pecegahan perundungan yang diadaptasi dari Program Roots UNICEF Indonesia yang dapat digunakan pada perguruan tinggi. Luaran penelitian ini adalah berupa publikasi imiah dalam jurnal terakreditasi Sinta 2 dan modul pencegahan perundungan melalui teman sebaya di Perguruan Tinggi bagi mahasiswa.

 

Kata Kunci: Perundungan, Mahasiswa, Program Roots di Perguruan Tinggi, Teman Sebaya,  Bullying Verbal

 


Full Text:

PDF

References


Amin, G. (2020). Psikoedukasi Mengenai Dampak Bullying Dan Cara Meningkatkan Self-Esteem Pada Remaja. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1 SE-Articles). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8058

Andayani, K. R., Pieter, N. K., & Artanti, P. N. (2023). Pencegahan Fenomena Bullying di Kalangan Mahasiswa Teknik Lingkungan Angkatan 22 UPN “Veteran” Jawa Timur. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5).

Bowes, L., Aryani, F., Ohan, F., Haryanti, R. H., Winarna, S., Arsianto, Y., Budiyawati, H., Widowati, E., Saraswati, R., & Kristianto, Y. (2019). The development and pilot testing of an adolescent bullying intervention in Indonesia–the ROOTS Indonesia program. Global Health Action, 12(1), 1656905.

Devi, K. J. F., & Yulianandra, P. V. (2023). The Implementation of Roots Program in Overcoming Bullying in Schools: A Case Study in Jakarta. KnE Social Sciences, 80–100.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Research in education: An introduction. New York: Allyn & Bacon.

Hapsari, D. D., & Purwoko, B. (2016). Perilaku Bullying Pada Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 6(3), 1–9.

Janitra, P. A., & Prasanti, D. (2017). Komunikasi keluarga dalam pencegahan perilaku bullying bagi anak. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 23–33.

Limber, S. P., Olweus, D., Wang, W., Masiello, M., & Breivik, K. (2018). Evaluation of the Olweus Bullying Prevention Program: A large scale study of US students in grades 3–11. Journal of School Psychology, 69, 56–72.

Mujna Simo, P., & Widyastuti, D. (2021). Gambaran Dampak Perilaku Bullying pada Mahasiswa Keperawatan di Perguruan Tinggi: Literatur Review.

Olweus, D., & Limber, S. P. (2010). Bullying in school: evaluation and dissemination of the Olweus Bullying Prevention Program. American Journal of Orthopsychiatry, 80(1), 124.

Putri, S. O., & Silalahi, B. R. (2017). Gambaran Perilaku Bullying Pada Mahasiswa Umn Alwashliyah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 146. https://doi.org/10.22373/je.v3i2.3092

Rahmaniyah, K. R., Suhadianto, & Pratikto Herlan. (2020). Perilaku Bullying Pada Mahasiswa: Menelisik Pengaruh Harga Diri dan Konformitas. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(01), 1–9.

Rigby, K., & Slee, P. (1999). Suicidal ideation among adolescent school children, involvement in bully—victim problems, and perceived social support. Suicide and Life‐Threatening Behavior, 29(2), 119–130.

Sakban, A., Maemunah, M., & Hafsah, H. (2021). Pelatihan Pencegahan Bullying Bagi Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 211–221.

Simbolon, M. (2012). Perilaku bullying pada mahasiswa berasrama. Jurnal Psikologi, 39(2), 233–243.

Zaneva, M., Minnick, E., Ginting, V., Aryani, F., Ohan, F., Haryanti, R. H., Winarna, S., Arsianto, Y., Budiyawati, H., & Widowati, E. (2023). Social Norms Predict Bullying: Evidence from an Anti-Bullying Intervention Trial in Indonesia. International Journal of Bullying Prevention, 1–13.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.