Efektivitas Pendekatan Steam dalam Model Problem Based Learning pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 27 Makassar

Syahrullah Asyari(1*), Asdar Asdar(2), Ahmad Zakir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitan dari STEAM-PBL dalam materi relasi dan fungsi di kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 27 Makassar dengan 3 indikator efektivitas yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, serta respons siswa. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan (1) rata-rata hasil pretest dan posttest siswa yaitu 51,30 dan 80,80, (2) rata-rata nilai peningkatan hasil belajar siswa yaitu 0,621 dengan kategori sedang (3) rata-rata skor aktivitas siswa yaitu 99,5% dengan kategori sangat baik (4) rata-rata persentase skor respons siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan STEAM-PBL yaitu 84% dengan kategori cenderung positif. Sedangkan untuk hasil analisis statistika inferensial menunjukkan (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan STEAM-PBL dalam pembelajaran matematika yaitu lebih besar dari 74,9 (2) nilai rata-rata peningkatan dari hasil belajar siswa dengan menerapkan STEAM-PBL dalam pembelajaran matematika yaitu lebih besar dari 0,29 (3) Ketuntasan klasikal siswa dengan menerapkan STEAM-PBL dalam pembelajaran matematika yaitu lebih besar dari 75%. Maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan STEAM-PBL efektif dalam pembelajaran matematika di UUPT SPF SMP Negeri 27 Makassar

 

Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar, Pendekatan STEAM, Model Problem Based Learning

 


Full Text:

PDF

References


Alamsya, M. N. (2017). Efektivitas Penggunaan Software POM-QM for Windows 3 dalam Model Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar.

Amsari, D., & Mudjiran. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2). 52-60.

Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning : Becoming an accomplished teacher. Oxon: Routledge.

Budiyono, A., Hotimatul H., & Arin W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pbl Terintegrasi Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa. EDUSAINS, 12(2). 166-176.

Colucci-Gray, L., Trowsdale, J., Cooke, C. F., Davies, R., Burnard, P., & Gray, D. S. (2017). Reviewing the potential and challenges of developing STEAM education through creative pedagogies for 21st learning: How can school curricula be broadened towards a more responsive, dynamic, and inclusive form of education?. Inggris: British Educational Research Ass.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Liao, C. (2016). From Interdisciplinary to Transdisciplinary: An Arts-Integrated Approach to STEAM Education. Art Education. 44-49.

Mustaji, & Sugiarso. (2005). Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik Penerapan dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: UNESA University Press

Niam, M., & Asikin, M. (2021). Pentingnya Aspek STEM dalam Bahan Ajar terhadap Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 329-335.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Quigley, C. F., Herro, D., & Jamil, F. M. (2017). Developing a Conceptual Model of STEAM Teaching Practices. School Science and Mathematics. 1-12.

Santofani, A., & Rosana, D. (2016). Pengembangan tes kreativitas pada pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri pada materi teori kinetik gas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2). 134–144.

Sari, S. N., Nurdianti, D., & Maulana, B. S. (2022). Telaah Pengintegrasian STEAM pada Model Problem Based Learning Terhadap Adversity Quotient Siswa dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 598-605.

Suriyana, & Novianti, M. (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) terhadap Hasil Belajar pada Meteri Dimensi Tiga SMK. Ilmu Pendidikan, 4049-4056.

Wijaya, A. D., Karmila, N., & Mahmudah, R. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) pada Kurikulum Indonesia. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 85–88.

Yakman, G. (12 Desember 2019). STEAM - An Educational Framework to Relate Things To Each Other And Reality. https://www.k12digest.com/steam-an-educational-framework-to-relate-things-to-each-other-and-reality. Diakses pada April 2022


Article Metrics

Abstract view : 119 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.