Efektivitas Pendekatan Steam dalam Model Problem Based Learning pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 27 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitan dari STEAM-PBL dalam materi relasi dan fungsi di kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 27 Makassar dengan 3 indikator efektivitas yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, serta respons siswa. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan (1) rata-rata hasil pretest dan posttest siswa yaitu 51,30 dan 80,80, (2) rata-rata nilai peningkatan hasil belajar siswa yaitu 0,621 dengan kategori sedang (3) rata-rata skor aktivitas siswa yaitu 99,5% dengan kategori sangat baik (4) rata-rata persentase skor respons siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan STEAM-PBL yaitu 84% dengan kategori cenderung positif. Sedangkan untuk hasil analisis statistika inferensial menunjukkan (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan STEAM-PBL dalam pembelajaran matematika yaitu lebih besar dari 74,9 (2) nilai rata-rata peningkatan dari hasil belajar siswa dengan menerapkan STEAM-PBL dalam pembelajaran matematika yaitu lebih besar dari 0,29 (3) Ketuntasan klasikal siswa dengan menerapkan STEAM-PBL dalam pembelajaran matematika yaitu lebih besar dari 75%. Maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan STEAM-PBL efektif dalam pembelajaran matematika di UUPT SPF SMP Negeri 27 Makassar
Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar, Pendekatan STEAM, Model Problem Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Alamsya, M. N. (2017). Efektivitas Penggunaan Software POM-QM for Windows 3 dalam Model Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar.
Amsari, D., & Mudjiran. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2). 52-60.
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning : Becoming an accomplished teacher. Oxon: Routledge.
Budiyono, A., Hotimatul H., & Arin W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pbl Terintegrasi Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa. EDUSAINS, 12(2). 166-176.
Colucci-Gray, L., Trowsdale, J., Cooke, C. F., Davies, R., Burnard, P., & Gray, D. S. (2017). Reviewing the potential and challenges of developing STEAM education through creative pedagogies for 21st learning: How can school curricula be broadened towards a more responsive, dynamic, and inclusive form of education?. Inggris: British Educational Research Ass.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Liao, C. (2016). From Interdisciplinary to Transdisciplinary: An Arts-Integrated Approach to STEAM Education. Art Education. 44-49.
Mustaji, & Sugiarso. (2005). Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik Penerapan dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: UNESA University Press
Niam, M., & Asikin, M. (2021). Pentingnya Aspek STEM dalam Bahan Ajar terhadap Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 329-335.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Quigley, C. F., Herro, D., & Jamil, F. M. (2017). Developing a Conceptual Model of STEAM Teaching Practices. School Science and Mathematics. 1-12.
Santofani, A., & Rosana, D. (2016). Pengembangan tes kreativitas pada pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri pada materi teori kinetik gas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2). 134–144.
Sari, S. N., Nurdianti, D., & Maulana, B. S. (2022). Telaah Pengintegrasian STEAM pada Model Problem Based Learning Terhadap Adversity Quotient Siswa dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 598-605.
Suriyana, & Novianti, M. (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) terhadap Hasil Belajar pada Meteri Dimensi Tiga SMK. Ilmu Pendidikan, 4049-4056.
Wijaya, A. D., Karmila, N., & Mahmudah, R. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) pada Kurikulum Indonesia. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 85–88.
Yakman, G. (12 Desember 2019). STEAM - An Educational Framework to Relate Things To Each Other And Reality. https://www.k12digest.com/steam-an-educational-framework-to-relate-things-to-each-other-and-reality. Diakses pada April 2022
Article Metrics
Abstract view : 119 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.