Penambahan Fitur Google Analytic pada Website Program Studi Pendidikan Vokasi Keteknikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Purnamawati Purnamawati(1), Muhammad Akil(2), Nuridayanti Nuridayanti(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini mengkaji pengembangan sistem informasi berbasis website pada program studi Pendidikan Vokasi Keteknikan sejak tahun 2022. Penelitian sebelumnya telah menghasilkan sebuah website yang diimplementasikan sebagai sarana informasi untuk program studi Pendidikan Vokasi Keteknikan. Namun, hingga saat ini, website ini belum memberikan dampak signifikan sebagai pusat sistem informasi yang efisien. Untuk mengatasi ini, penelitian ini berfokus pada penambahan fitur Google Analytics dengan tujuan untuk menghasilkan laporan tentang perilaku pengunjung website, memungkinkan evaluasi yang lebih mendalam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan fitur Google Analytics telah berjalan sesuai dengan fungsinya dan dapat berpotensi untuk meningkatkan efektivitas website Pendidikan Vokasi Keteknikan sebagai alat sistem informasi yang lebih efisien.

 

 

Kata Kunci: google analitic, website, vokasi keteknikan


Full Text:

PDF

References


Abdulloh, R. (2015). Web Programing is Easy. PT Elex Media Komputindo.

EMS, T. (2014). Teori Dan Paktik PHPMySQL Untuk Pemula. PT Elex Media Komputindo.

Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi Dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung. J. Inform. J. Pengemb. IT, 3(2).

Josi, A. (2017). Penerapan Metode Prototyping Dalam Membangun Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang. Jti, 9(1), 50–57.

Offut, P. A. and J. (2016). Introduction to Software Testing. Cambridge University Press.

Pratama, E. B. (2012). Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi e-Commerce Berbasis M-Commerce Studi Kasus: Toko Buku An’Nur di Pontianak. J. Khatulistiwa Inform.

Prawira, D., Saputra, D. D., & Ilhamsyah. (2020). Implementasi Framework Accelerated Mobile Pages Pada Pengembangan Website Program Studi Sistem Informasi. Coding Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 8(2). https://doi.org/10.26418/coding.v8i2.41513

Rahman, F., Santoso, Widiyanto, W. W., Sibarani R., C., & William, J. (2019). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Pola Kinerja Pegawai Honorer. Jurnal Sains Dan Informatika, 1(2), 78–87.

Sitompul, A., & Wahidah, S. (2022). Pengembangan Website Prodi dalam Upaya Peningkatan Layanan Informasi dan Perbaikan Manajemen Data Akreditasi Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan. Flawless: Jurnal Pendidikan Tata Rias, 3.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.