Pengembangan Modul Pembelajaran pada Mata Kuliah Pratata dan Penataan Rambut Berbasis Proyek

Rika Riwayani(1*), Israwati Hamsar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) yang bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan modul pada mata kuliah Pratata dan Penanataan Rambut berbasis proyek. (2) untuk mengetahui kelayakan modul pada mata kuliah kuliah Pratata dan Penanataan Rambut berbasis proyek. (3) untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap modul mata kuliah kuliah Pratata dan Penanataan Rambut. Subjek penelitian adalah 26 mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Konsentrasi Tata Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, dan sedangkan objek penelitian adalah produk pembelajaran berupa modul kuliah Pratata dan Penanataan Rambut berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Hasil penilaian menunjukkan bahwa : (1) Prosedur pengembangan modul pembelajaran pada mata kuliah kuliah Pratata dan Penanataan Rambut melalui 4 tahap yaitu tahap define merupakan tahap awal analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, merumuskan tujuan pembelajaran dan analisis materi dengan melakukan observasi tergadap dosen pengampuh mata kuliah. tahap design dilakukan perancangan dan pembuatan modul sesuai kerangka modul. Tahap develop dilakukan validasi ahli materi dan ahli media sampai uji coba terhadap 26 mahasiswa angakatan 2019 dan 2020. Tahap terakhir yaitu disseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan dan hanya sampai tahap develop. (2) hasil kevalidan modul Penataan Sanggul yang dinilai oleh ahli materi diperoleh persentase 88,97% kualifikasi “sangat baik” dengan ekuivalen “sangat layak”, untuk penilaian ahli media diperoleh persentase 86,57% kualifikasi “sangat baik” dengan ekuivalen “sangat valid”. (3) Berdasarkan uji coba respon mahasiswa dilihat dari 3 aspek didapatkan persentase keseluruhan 85,32% kualifikasi “sangat baik” dengan ekuivalen “sangat layak”.

 

 

Kata Kunci: Berbasis Proyek, Modul, Penataan Sanggul, Penelitian dan Pengembangan Model 4-D


Full Text:

PDF

References


Arikunto dan Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media

Dermawan, T. 2008. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Perguruan Tinggi. Jakarta: Ditjen Dikti.

https://lp2m.uma.ac.id/2022/03/04/me ngenal-metode-pengembangan- perangkat-pembelajaran-model-4d. Diakses pada tanggal 27 Juli 2022

Mulyatinigsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Penelitian dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Bandung:Alfabeta

Thiangarajan. 1974. Model Pengembangan dan Pembelajaran.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.