Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Pratata dan Penataan Rambut Berbasis Proyek

Rika Riwayaniss(1*), Israwati Hamsar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan tujuan pelaksanaan penelitian yaitu untuk mengetahui: 1) prosedur pengembangan bahan ajar pada mata kuliah Pratata dan Penataan Rambut berbasis proyek. 2) kevalidan bahan ajar pada mata kuliah Penataan Sanggul berbasis proyek. 3) Respon mahasiswa tata rias UNM terhadap bahan ajar pada mata kuliah Pratata dan Penataan Rambut berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengembangkan dan menghasilkan produk dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 13 orang mahasiswa S1 konsentrasi tata rias angkatan 2019 Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Hasil Penelitian ini yaitu 1) Prosedur pengembangan bahan ajar ajar pada mata kuliah Pratata dan Penataan Rambut berbasis proyek mengacu pada model pengembangan ADDIE, analisis kebutuhan dosen, mahasiswa dan pembelajaran. 2) hasil kevalidan bahan ajar ajar berbasis proyek ini yang dinilai oleh ahli materi diperoleh persentase 88,97% dengan ekuivalen “sangat valid”, untuk penilaian ahli media diperoleh persentase 86,57% dengan ekuivalen “sangat valid”. 3) respon mahasiswa terhadap bahan ajar ajar ini sebesar 93%  “Sangat baik” dan secara keseluruhan penilaian dari 13 orang mahasiswa S1 konsentrasi tata rias angkatan 2019 menunjukkan bahwa bahan jar ini dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran

 

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar berbasis proyek, Mata kuliah Pratata dan Penataan Rambut


Full Text:

PDF

References


Bougie, S. U. (2016). Research Methods For Business: A Skill-Building Approach. West Sussex: Wiley & Sons.

Gall, B. a. (1983). Educational research: An introduction. New York Longman.

Kustanti, H. (2008). Tata kecantikan kulit. Direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan.

Maribe, B. R. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Spinger Science & Business Media, LLC.

Rostamailis, d. (2008). Tata Kecantikan Rambut. Dalam Jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.