Penggunaan Instrumen Pramed sebagai Media Edukasi Gizi Seimbang pada Peserta Didik di TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar

Nurussyariah Hammado(1), Yade K Yasin(2*), Nurul Ichsania(3), Etno Setyagraha(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pemberian edukasi pada anak usia dini menjadi perhatian utama dalam upaya pencegahan stunting. Mengenalkan anak dengan gizi seimbang akan membantu dalam pemilihan makanan sejak dini untuk meningkatkan kesehatan dan membentuk kebiasaan sikap dan prilaku di masa depan. Permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran anak usia sekolah yaitu, instrumen atau media yang digunakan termasuk minim maka tujuan penelitian ini memperkenalkan media pembelajaran PramEd dan melihat perubahan pengetahuan terhadap penggunaan PramEd sebagai media edukasi gizi seimbang pada peserta didik di TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen pre- test post-test only  yang dilakukan pada 38 peserta didik di TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar. Kegiatan dilakukan dengan pre-test sebelum memberikan materi edukasi kemudian memperkenalkan media edukasi yang akan digunakan yaitu berbasis gambar dan warna yang lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Setelah pemberian edukasi menggunakan media PramEd, responden kembali diberikan post-test untuk melihat perubahannya. Hasil yang diperoleh adalah terdapat perubahan pre dan post-test responden setelah mendapatkan materi edukasi menggunakan media PramEd. Terdapat perubahan pengetahuan dengan hasil signifikat berdasarkan hasil analisis statistik (p-value<0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perubahan sebelum dan setelah pemberian materi edukasi menggunakan media PramEd pada peserta didik TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar.  

 

Kata Kunci: media edukasi, usia dini, anak sekolah


Full Text:

PDF

References


Amalia, J. O., & Putri, T. A. (2022). Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak-Anak di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Jurnal Pasopati : Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 4(1). https://doi.org/10.14710/PASOPATI.2022.13358

Kemenkes. (2022). Aksi Bersama CegahStunting. Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI.

Kurnia, R. (2015). Pendidikan Gizi Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 109–114. https://doi.org/10.33578/JPSBE.V4I2.4992

Meriyati (2015). Memahami Karakteristik Anak. Fakta Press: Bandar Lampung.

Nuryanto, Pramono A, Puruhita N, Fatimah Muis S. Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. J Gizi Indones. 2015;3(1):1858–4942.

Sofianita, N. I., Meiyetriani, E., & Arini, F. A. (2018). Intervensi Pendidikan Gizi Seimbang terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Anak-Anak Sekolah. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 14(2),54. https://doi.org/10.24853/jkk.14.2.54-64

SSGI. (2023). Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 (Kementrian Kesehatan RI (ed.). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.