Pengembangan Modul Pembelajaran Robot Line Follower Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM

Mahmud Mustapa(1), Muhammad Akil(2*), Ummiati Rahmah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Robot Line Follower yang ditujukan kepada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM). Modul ini dirancang untuk memperkuat pemahaman konsep dasar robotika, keterampilan pemrograman, serta pengembangan perangkat keras, dengan fokus pada pengendalian robot Line Follower. Modul pembelajaran ini mencakup berbagai metode pembelajaran, seperti studi kasus dan proyek pengembangan robot. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ini dapat efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep robotika, keterampilan pemrograman, dan kemampuan praktis mahasiswa. Modul ini juga dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan mahasiswa dalam pengembangan robot Line Follower. Penelitian ini mendorong perkembangan program Studi Pendidikan Teknik Elektronika di FT UNM dan memberikan landasan penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dalam bidang robotika. Modul ini juga dapat menjadi model pengembangan modul pembelajaran untuk mata pelajaran teknis lainnya dalam konteks pendidikan teknik.

 

Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Robot Line Follower, Pemrograman, Robotika.

 


Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran. Gava Media.

Jonassen, D. H., & Land, S. M. (2012). Theoretical foundations of learning environments. Routledge.

Muljono, P. (2001). Pedoman Penyusunan Modul Dalam Rangka Proses Belajar Mengajar Program Profesional. In Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, (Issue April).

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung.

Santyasa, I. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Undiksha Press.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yang, X. (2021). An Approach of Project-Based Learning: Bridging the Gap between Academia and Industry Needs in Teaching Integrated Circuit Design Course. IEEE Transactions on Education, 64(4), 337–344. https://doi.org/10.1109/TE.2021.3050450

Zuhrie, M. S., Basuki, I., B, I. G. P. A., & Anifah, L. (2017). Design of an Artificial Intelligence Robot as Teaching Media Based on Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(4), 369–373.

Zuhrie, M. S., Ekohariadi, Samani, M., & Munoto. (2017). Pengembangan Modul Ajar Plus Kit Robotika Berbasis Contextual Teaching And Learning Sebagai Pengetahuan Dasar Model Public Private Partnership Bagi Siswa SMK Melalui Lomba Kompetensi Siswa. Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi (PTM-PTB-PTIK), 43–48. https://jurnal.uns.ac.id/uvd/article/view/15874

Zuhrie, M. S., Munoto, M., Asto B, I. G. P., Anifah, L., & Hasanah, N. (2020). Learning Tool for Robotics Basic Programming Based on Contextual Teaching and Learning to Improve Problem-Solving Skills. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 26(1), 76–82. https://doi.org/10.21831/jptk.v25i1.22856


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.