Perbandingan Produk Perangkat Pembelajaran Hasil Penerapan Blended Learning dan Dalam Jaringan Peserta PPG Sulawesi Selatan

Ians Aprilo(1*), Poppy Elisano Arfanda(2), Muhammad Ilham Aksir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas pembelajaran yang dilakukan pada mahasiswa PPG melalui pembelajaran blended learning dan daring learning. Subyek penelitian adalah mahasiswa PPG tahun ajaran 2022-2023. Intrument penelitian yang digunakan adalah instrument penilaian yang telah dikembangkan sesuai karakteristik pembelajaran abad 21. Instrument ini divalidasi oleh ahli dan melalui proses uji coba instrument. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pendekatan blended learning dengan daring learning. Statistic hitung menyatakan bahwa nilai rerata pendekatan blended learning lebih tinggi daripada daring learning dengan selisih sebesar 4,6 poin. pembelajaran blended learning, dengan taraf signifikan 0.05.

 

Kata Kunci: blended learning, daring learning, PPG


Full Text:

PDF

References


Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229

Doewes, R. I., & Nuryadin, I. (2022). Biomechanical Analysis of First Serve Tennis. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 5(2), 243–252. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i2.1780

Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34–40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158

Krause, L. M., Buszard, T., Reid, M., Pinder, R., & Farrow, D. (2019). Assessment of elite junior tennis serve and return practice: A cross-sectional observation. Journal of Sports Sciences, 37(24), 2818–2825. https://doi.org/10.1080/02640414.2019.1665245

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Smith, K., & Hill, J. (2019). Defining the nature of blended learning through its depiction in current research. Higher Education Research and Development, 38(2), 383–397. https://doi.org/10.1080/07294360.2018.1517732

Sunaryo, H., Zuriah, N., & Handayani, T. (2020). Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam-Jabatan untuk Menempuh Program Praktik Pengalaman Lapangan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12430

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100–114. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9989


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.