Studi Pelacakan Alumni Akuntansi Fakultas Ekonomi (Studi Kasus Angkatan 2014–2016)

Mukhammad Idrus(1*), Masdar Ryketeng(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilakukan guna melihat bagaimana gambaran profil alumni Program Studi Akuntansi FE UNM. Subjek penelitian adalah alumni Program Studi Akuntansi FE UNM angkatan 2014--2016 sebanyak 145 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk tracer study. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, yaitu menghubungi satu per satu alumni menggunakan media telepon. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai pelacakan alumni Program Studi Akuntansi FE UNM angkatan 2014 sampai dengan angkatan 2016 maka diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Masa tunggu alumni Prodi Akuntansi FE UNM dalam mendapatkan pekerjaan yang terbanyak rata-rata di atas 12 bulan. 2) Cara mencari pekerjaan alumni Prodi Akuntansi FE UNM cenderung menggunakan informasi yang tersedia di internet dan menggunakan jejaring yang dimili. 3) Pekerjaan alumni Prodi Akuntansi FE UNM saat ini mayoritas pada Badan Usaha Milik Swasta.

 

Kata Kunci: Alumni Prodi Akuntansi FE UNM 2014-2016, Pelacakan Study

Full Text:

PDF

References


Anugerah, P. D., Wesnina, W., & Mahdiyah, M. (2022). Studi Penelusuran Alumni Program Studi Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Jakarta Tahun Kelulusan 2018-2020. Practice of Fashion and Textile Education Journal, 2(1), 52–64.

Bougie, R., & Sekaran, U. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building 7 ed.

Caballero, C. L., & Walker, A. (2010). Work readiness in graduate recruitment and selection: A review of current assessment methods. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.21153/jtlge2010vol1no1art546

Cahyanti, S. D., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Pendidikan Bisnis Dan Ekonomo, 4(1), 23–26. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/12143

Dirjen Dikti. 2011. Nomor 49/DIKTI/Kep/2011 tentang Pedoman Akreditasi.

H. Schomburg. 2003. Handbook for Graduate Tracer Study, Moenchebergstrasse Kassel, Germany: Wissenschaftliches Zentrum fr Berufs- und Hochschulforschung, Universitt Kassel.

Halasz, I., dan Behm, K. 1982. Evaluating Vocational Education Programs. A Handbook for Corrections Educators. Research and Development Series No. 227. National Center for Research in Vocational Education, National Center Publications, Box F, 1960 Kenny Rd., Columbus

Husni, M., Idrus, M., & Hasyim, H. (2022). Tracer study alumni: Upaya pengembangan program studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar. INSIGHT: Indonesian Journal of Social Studies and Humanities, 2(1), 99–109. https://ojs.unm.ac.id/insight/article/download/31423/14490

Kemendikbud. (2012). Buku Panduan Sistem Pusat Karir. 1–23.

Kirani, F. F., & Chusairi, A. (2022). Tinjauan Sistematis: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 821–828. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.646

Nugroho, A. 2018. Aplikasi OLAP Profil Mahasiswa dan Lulusan. Jurnal SIMETRIS, 9(1), 533–540.

Pannogan, O. C., dan Ocampo, D. P. 2016. Tracer study of bachelor of arts graduates major in English. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences, 5(1), 281–297.

Pucel, D. J. 1972. The Wilms Alumni: Analysis of Methodology. Journal of Vocational Education Research, 1(1), 3-10.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Efendy. 1989. Metode Penelitian Survei, Edisi Revisi, LP3ES.

Statuta. 2018. Universitas Negeri Makassar

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toba, H., Wijaya, E. A., Wijanto, M. C., dan Karnalim, O. 2017. Enhanced unsupervised person name disambiguation to support alumni tracer study. Global Journal of Engineering Education, 19(1), 42–48.


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.