Pengembangan Buku Ajar Penilaian Pendidikan Seni untuk Program Magister (S2) Pendidikan Seni Rupa dan Pendidikan Seni PPs UNM

Alimuddin Alimuddin(1*), Aulia Evawani Nurdin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mata kuliah Pembelajaran Inovatif dan Penilaian Pendidikan Seni dalam sesi kedua dengan materi Penilaian Pendidikan Seni pada Program Studi Magister Pendidikan Seni Rupa dan Pendidikan Seni PPs UNM. Kompetensi pembelajaran yang diharapkan kepada mahasiswa meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh rumusan kompetensi atau capaian pembelajaran mata kuliah yang dinyatakan dalam bentuk naskah RPS, (2)  menetapkan kerangka sistematika Buku Ajar, (3) tersusun materi ajar dengan validitas baik. Prosedur pengembangan penelitian mengadaptasi yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang pada pelaksanaannya hanya dapat dilakukan tiga tahap, yakni dari 1) studi pendahuluan dan pengumpulan data/informasi, 2) membuat perencanaan, 3) mengembangkan draf awal dan uji validasi atau review oleh validator. Hasil penelitian ini adalah melahirkan luaran draf Buku Materi Ajar sebagai perangkat pembelajaran yang isinya mencakup rumusan kompetensi capaian mata kuliah, isi materi ajar, tagihan tugas perkuliahan dan kesimpulan. Buku Materi Ajar ini telah memenuhi kereteria kelayakan isi dan kelayakan penyajian oleh validator ahli materi, ahli media dan dosen pengguna dengan nilai uji kevalidan masing-masing skor  = 4,53 dan 4,6 (kategori sangat baik). Direkomendasikan untuk melakukan penelitian lanjutan uji-coba dalam memenuhi sebagai materi yang memiliki tingkat kelayakan efektivitas dan keperaktisannya.

 

 

Kata Kunci: pengembangan, buku ajar, penilaian pendidikan seni

Full Text:

PDF

References


Achmad, Said Suhil. (2009). Pengantar Pengembangan Bahan Ajar di Perguruan Tinggi. Pekanbaru. Online, 4 Maret 2018.

Arikunto, Suharsimi. (1993). Dasar-dasar Evaluasi Hasil Belajar. Bumi Karsa, Jakarta.

Borg, Walter R. & Meredith D. Gall. (1973). Educational Research: An Introduction. New York: David Mc Company Inc.

Dantes, Nyoman. (2008). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Kaitan dengan Implementasi KTSP, Singaraja: Program Pascasarjana UNDIKSA.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Dick, W., Carey, L. And Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction. (5th Edition). Addison-Wesley Educational Publishers, Inc.

Fathurrohman, P. & Sutikno, M.S., (2007) . Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami 2nd ed., Bandung: Refika Aditama,

Sugiono. 2015. Metode Penelitian pendidikan. bandung: Alfa Beta.

Sukamdinata, Nana Syaodih dan Erlina Syaodih. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Triyono dkk. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Materi untuk Diklat Training of Trainer Calon Tenaga Pengajar/Dosen; Magelang.

Churri dan Agung. 2013. Pengembangan Materi dan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video untuk SMK Negeri 7 Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 2 Nomor 2 Tahun 2013

Sudira, Putu. Pengembangan Kompetensi Bahan Ajar Mata Kuliah Mikrokontroler dengan Pendekatan Field Research, Benchmarch, Adopt & Adapt. https://core.ac.uk/download/pdf/11063953.pdf. Online, 25 Pebruari 2023.

Sukamdinata, Nana Syaodih dan Erlina Syaodih. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Triyono dkk. (2009). Pengembangan Bahan Ajar. Materi untuk Diklat Training of Trainer Calon Tenaga Pengajar/Dosen; Magelang.

Zainul, Asmawi dan Nasution, Noehi. (2001). Penilaian Hasil Belajar (Pekerti: Mengajar Di Perguruan Tinggi). Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen Dikti DEPDIKNAS. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.