Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Pengelolaan Sumber Daya Belajar di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Merrisa Monoarfa(1*), Abdul Haling(2), Muhammad Arif Hidayat(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Proses pembelajaran saat ini khususnya pada mata kuliah pengelolaan sumber daya belajar belum terdapat buku ajar yang menggabungkan semua materi yang terdapat dalam rps yang dapat digunakan sebagai referensi dalam proses pembelajaran. Peneliti mengembangkan buku ajar mata kuliah pengelolaan sumber daya belajar dengan tujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap buku ajar pengelolaan sumber daya belajar 2) mengetahui proses mendesain buku ajar pengelolaan sumber daya belajar 3) mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan buku ajar pengelolaan sumber daya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan/research and development (R&D), metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan sebuah produk. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2020, 1 dosen pengampu mata kuliah serta 2 orang validator yaitu validator isi dan media. Penelitian ini menunjukkan tingkat kebutuhan mahasiswa berada pada kualifikasi 86% atau sangat dibutuhkan. Kemudian hasil dari validasi ahli isi/materi diperoleh persentase 82% atau berada pada kualifikasi baik dan tidak perlu direvisi. Sedangkan hasil dari validasi ahli media diperoleh persentase 95% atau berada pada kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi. Hasil tanggapan dosen pengampu mata kuliah dan uji coba kepraktisan pada mahasiswa diperoleh persentase 95% dan 88% atau berada pada kualifikasi sangat praktis, dapat disimpulkan bahwa buku ajar sudah valid dan sangat praktis untuk digunakan pada mata kuliah pengelolaan sumber daya belajar.

 

Kata Kunci: Pengembangan, buku ajar, pengelolaan sumber daya belajar

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Nuraini, W. (2019). Analisis Nilai Moral Dalam Novel Bara Karya Febrialdi Rusdi Sebagai Salah Satu Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra Di Sekolah Menengah Atas. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 52-60.

Buyung. (2018). Pengembangan Bahan Ajar pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, vol 18(no 3).

Eka, S. (2022). Pengembangan bahan ajar modul berbasis literasi bahasa dan numerasi dikelas IV SD (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Febriani, D. S. (2019). Pengembangan Buku Ajar IPA Terintegrasi Keislaman Materi Ekosistem Kelas VII MTs Hidayatul Insan Palangka Raya.

Febriati, F., Nurhikmah, H., & Dolla, A. A. (2022). Development of Adobe Flash-Based Multimedia in Learning Recognition of Parts of Human Body. 14, 2935–2944. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2126

Jalil, M. (2022). Development of Basic Biology Textbook Based Integration of Science and Islam. Journal Of Biology Education, 5(1), 47. https://doi.org/10.21043/jobe.v5i1.13484

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons.

Nurhikmah, H., Aris, M., Arismunandar, A., Sujarwo, S., & Sukmawati, S. (2022). Development of Local Content Teaching Material for the History of Wajo. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 264–270. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.82

Nurhikmah, H., Gani, H. A., Pratama, M. P., & Wijaya, H. (2021). Development of an Android-based Computer Based Test (CBT) In Middle School. Journal of Education Technology, 5(2), 272–281. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.33527

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru. PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.