Pengaruh Visi Misi Terhadap Popularitas dalam Meningkatkan Elektabilitas Calon Gubernur Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2024

Herman H(1*), Arimbi Arimbi(2), Sahabuddin Sahabuddin(3), Muh Arifai(4), Muh. Ishak(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini di provinsi Sulawesi barat. Fokus penelitian adalah visi-misi calon kepala daerah dan popularitas calon kepala daerah dalam meningkatkan elektabilitas calon kepala daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk masyarakat provinsi sulawesi barat yang berusia 17 tahun keatas dengan dibuktikan dengan surat domisili. Jumlah responden  dalam penelitian 100 orang yang tersebar di kabupaten Mamuju, Majene, Polman, Mamuju Tengah, Mamuju Utara dan Mamasa. Teknik pengambilan data mengunakan survei lewat google form. Pengukuran variabel penelitian yang digunakan adalah Skala Likert yang mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena melalui. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh visi-misi terhadap popularitas dalam meningkatkan elektabilitas calon kepala daerah diketahui nilai dari unstandardized coeficients dalam kasus ini nilainya sebesar 14.755. angka tersebut memiliki arti bahwa jika tidak ada visi-misi maka nilai popularitas sebesar14.755.Angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.556 mengandung arti bahwa setiap penambahan 1% tingkat visi-misi maka popularitas dalam meningkatkan elektabilitas calon kepala daerah akan meningkat sebesar 0.556 dan memiliki pengaruh positif dan signifikan hal ini diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0.390. nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh visi-misi terhadap popularitas calon kepala daerah  sebesar 39.0% dapat diartikan bahwa visi misi dan popularitas meningkatkan elektabilitas calon kepala daerah oleh karena itu saran dari penelitian ini adalah calon kepala daerah harus mampu memberikan visi-misi yang memiliki tujuan yang jelas dapat memberikan dampak manfaat yang baik terhadap kemakmuran masyarakat provinsi sulawesi barat dimasa depan.

 

Kata Kunci: Visi-misi, Popularitas, Elektabilitas


Full Text:

PDF

References


Arifai, M., Parawansa, A., Firman, M. J., & Aras, M. (2019). The Effect of Motivation and Leadership Behavior on the Performance of Employees of the Industry and Trade Service in Makassar City. In International Conference on Public Organization (ICONPO).

Buss, Terry F, et al. 2006. Modernizing Democracy: Innovation in Citizen Participation. New York: ME.Sharpe.

Connolly, C.A. (2008). Stategic Communication. Lee Kaid, L and Holtz, C.B. ed. Encyclopedia of political communication. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore : Sage Publications.

Dan Nimmo, Komunikasi Politik (Komunikator, pesan dan media) Terjemahan Tjun Suryaman (Bandung : Remaja Karya, 2000).

De Vreese, C.H. (2006). Ten Observations about the Past, Present and Future of Political Communication. Amsterdam : Vossiuspers UvA.

Hafid Cangara. 2011 Komunikasi Politik Konsep , Teori dan Strategi (Cet. III; Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Herman H. 2016. Model Implementasi Program Efektif dan Efisien. Badan Penerbit UNM

Lachapelle, G.( 2005). Political Communication and Personal Influence : Do the media make a difference?. Maarek, P.J and Wolfsfeld, G. ed. Political Communication in New Era : A cross-national perspective. London and New York : Routledge.

Lauth, H.J. (2008). Democracy Theories. Lee Kaid, L and Holtz C.B. ed. Encyclopedia of political communication. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore : Sage Publications.

Lilleker, D.G. (2006). Key Concepts in Plitical Cmmunication. London, Thousand Oaks, New Delhi : Sage Publications.

Marsh, David & Gerry Stoker. 2010. Teori dan metode dalam Ilmu Politik.

Bandung: Nusa Media.

Max Webber, Essays in Sosiology,(Oxford University Press: Amerika Serikat, 2006), diterjemahkan olh Noorkholis danTim Penerjemah Promothea, Sosiologi, (Pustaka Pelajar: Yogyakarta, 2006)

McNair, B. (2003). An Introduction to Political Communication. London and New York : Routledge.

McQuail D. 1992. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga Mietzner, M. (2007). Local Elections and Autonomy in Papua and Aceh. Indonesia

Journal, Vol 84. Oktober 2007.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muhtadi, A.S. (2008) Komunikasi Politik Indonesia : Dinamika Islam Politik Pasca-Orde Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Powel Jr. Bingham, 1982. Contemporary Democracies, Participan, Stability, and Violance. Cambridge: Harvard University Press.

Severin,W.J., Tankard, J.W. (2007). Teori Komunikasi : Sejarah, Metode, dan Harapan di dalam Media Massa. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Venus, S. (2007). Manajemen Kampanye : Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Wasesa, Agung Silih. (2011). Political Branding dan Public Relations : Saatnya Kampanye Sehat, Hemat, dan Bermartabat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.