Analisis Kebutuhan Layanan Konseling Kesiapsiagaan dan Mitigasi Psikososial Sebaya Menghadapi Bencana Alam

Abdullah Pandang(1), Nur Fadhilah Umar(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Bencana alam dapat memberikan dampak yang cukup parah bagi parakorban baik secara fisik, psikologis maupun sosial, Bahkan masih saja dihantui rasa takut saat hendak menyelamatkan diri sendiri dari bencana alam yang terjadi. Salah satu implementasi program mentor sebaya yang dapat membantu mengatasi permasalahan psikologis remaja korban bencana alam adalah membentuk suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu korban bencana alam. Mentor sebaya tentunya memberikan dampak positif terhadap upaya membantu korban bencana dalam mengatasi masalahnya sehingga memberikan peningkatan kapasitas resiliensi korban bencana alam di Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuanititatif. Populasi penelitian adalah guru BK dan siswa pada jenjang SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Majene dan Kabupaten Polewali Mandar. Subjek penelitian dari guru BK diambil dan diwakili oleh 1 orang dari setiap sekolah yang memiliki guru BK dari kedua kabupaten. Berdasarkan hasil temuan melalui gambaran kebutuhan pendampingan psikososial ditemukan panduan mitigasi bencana terhadap remaja dibutuhkan dalam mencegah resiko trauma dengan kategori sangat setuju. Gambaran kebutuhan pendampingan psikososial sebaya dengan indikator kesediaan dan saran pengembangan model dengan kategori sangat setuju. Kemudian hasil pelaksanaan ditemukan gambaran kesiapsiagaan melalui indikator pengetahuan terkait bencana terkategori cukup baik.

 

Kata Kunci: Analisis kebutuhan, Konseling kesiapsiagaan, Mitigasi Psikososial, Psikososial Sebaya, Bencana Alam.


Full Text:

PDF

References


Akbar, M. R., Muhayyang, M., Khaidir, S. N. F., Iswar, A., & Salam, F. A. (2022). Mitigasi Bencana Berbasis Pengetahuan Lokal Masyarakat Majene. Kybernology: Journal of Government Studies, 2(2), 120–132.

Anas, M., & Umar, N. F. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan siswa.

Ardiputra, S., & Burhanudin, B. (2022). Implementasi Kebijakan Pemerintah Dalam Penanggulangan Korban Bencana Gempa Bumi Di Kabupaten Majene. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6402–6407.

Arifin, M. B. U. B., & Fahyuni, E. F. (2018). Pemberdayaan Konselor Sebaya di MTs Darussalam Taman dan MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 1(2).

Basri, S., & Umar, N. F. (2010). The Need Assesmen For Digital Career Planning Model Based On Multiple Intteligence ( MI ) Career Planning Skills Among Z Generation. Mi, 170–178.

Collier, P. J. (2023). Developing effective student peer mentoring programs: A practitioner’s guide to program design, delivery, evaluation, and training. Taylor & Francis.

Collings, R., Swanson, V., & Watkins, R. (2014). The impact of peer mentoring on levels of student wellbeing, integration and retention: a controlled comparative evaluation of residential students in UK higher education. Higher Education, 68(6), 927–942.

Ekayamti, E. (2018). Pengaruh Modeling Partisipan Teman Sebaya Terhadap Keterampilan Sosial Dan Harga Diri Remaja Retardasi Mental Ringan. Universitas Airlangga.

Hartono, D., Apriyadi, R. K., Winugroho, T., Aprilyanto, A., Sumantri, S. H., Wilopo, W., & Islami, H. S. (2021). Analisis Sejarah, Dampak, Dan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Sulawesi Barat. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 218–224.

Ikram, M. (2023). Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Terhadap Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. IPDN.

IRENE, S. F. (2022). A study on the integration of social protection and disaster management in Indonesia.

Mitchell1, T., Tanner1, T., & Haynes, K. (2009). Children as agents of change for Disaster Risk Reduction: Lessons from El Salvador and the Philippines.

Novitasari, Z., Hidayah, N., & Mappiare-AT, A. (2017). Keefektifan Strategi Modeling Partisipan Dalam Bantuan Teman Sebaya (Peer Helping) Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 363–370.

Nugroho, D. U., PR, N. U., Rengganis, N. S., & Wigati, P. A. (2012). Sekolah Petra (Penanganan Trauma) Bagi Anak Korban Bencana Alam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).

Oktaviani, E. C. (2022). Efektivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(3), 164–171.

Pandang, A., Hadi, P., & Umar, N. (2021). Evaluasi Program Konselor Sebaya Sebagai Media Bantuan Antar Mahasiswa di Universtias Negeri Makassar.

Pandang, A., Rivai, M., Umar, N., & Arifyadi, A. (2022). The need analysis for developing peer mentors as peer counseling program among Gen Z. International Journal Of Research In Counseling And Education, 6(2), 163–176.

Pandang, A., Umar, N. F., & Harum, A. (2022). Gender Analysis of Student Career Self-Efficacy and Implications in Career Guidance Services at State Vocational Schools. Journal of Educational Science and Technology, 8(2), 105–112.

Peek, L. (2008). Children and disasters: Understanding vulnerability, developing capacities, and promoting resilience—An introduction. Children Youth and Environments, 18(1), 1–29.

Putera, A. K. S., Amaliah, N., & Nursyamsi, N. (2023). Sosialisasi Mitigasi Bencana Longsor dan Banjir di SMA Negeri 1 Pamboang. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 19–25.

Rahmat, H. K. (2019). Implementasi strategi layanan bimbingan dan konseling komprehensif bagi siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 37–46.

Sahodding, Y., & Mutmainnah, M. (2022). Pendekatan Bimbingan Islami Pada Remaja Sebagai Upaya Pemulihan Trauma Pasca Gempa Di Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(1), 72–84.

Snowden, M., & Hardy, T. (2012). Peer mentorship and positive effects on student mentor and mentee retention and academic success. Widening Participation and Lifelong Learning, 14, 76–92.

Susanti, E. (2022). Peran Perempuan Pesisir Terhadap Ketahanan Keluarga Pasca Bencana Alam Gempa Bumi Di Desa Maliaya, Kabupaten Majene Tahun 2021. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(3), 417–436.

Susilawati, D. (2018). Konseling Sebaya Sebagai Upaya Meningkatan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wibowo, A. (2014). Implementasi Sekolah Siaga Bencana (SSB) pada SMK Nasional Berbah. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.