Tradisi Attinja: Kepercayaan Masyarakat Pribumi di Desa Bontorappo (Studi Kasus Di Bungung Salapang, Desa Bontorappo)

Supriadi Torro(1*), Sopian Tamrin(2), Nur Asmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan fokus pada analisis teori fungsionalisme budaya Malinowski untuk mengkaji tradisi attinja' di Bungung Salapang, Desa Bontorappo. Studi kasus digunakan untuk eksplorasi dalam mendalam tentang tradisi ini, dengan peneliti berpartisipasi dalam prosesi dan praktik terkait. Wawancara mendalam dilakukan dengan anggota masyarakat yang terlibat dalam attinja', serta analisis dokumen untuk memahami konteks sejarah dan perkembangan budaya di sekitar Bungung Salapang. Validitas data diperkuat dengan triangulasi data dari berbagai sumber. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan mendalam tentang signifikansi dan perubahan dalam tradisi attinja' di Bungung Salapang serta kontribusi untuk pemahaman budaya dan sosial di Desa Bontorappo. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Menurut Malinowski, tradisi budaya seperti attinja' memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan psikologis dan sosial masyarakat. Dalam konteks ini, attinja' dapat dianggap sebagai mekanisme yang membantu individu dan masyarakat dalam menghadapi ketidakpastian dan tantangan dalam kehidupan. Attinja' mungkin menjadi cara bagi individu untuk merasa memiliki kendali dalam situasi-situasi sulit atau dalam meminta pertolongan supranatural. Tradisi attinja' memelihara dan menggambarkan identitas budaya masyarakat Bontorappo, seiring dengan nilai-nilai dan keyakinan yang dipegang oleh masyarakat. Dalam pandangan fungsionalisme budaya Malinowski, tradisi ini memainkan peran penting dalam menjaga kestabilan sosial dan pemeliharaan tatanan budaya di tengah perubahan zaman.

 

Kata Kunci: Tradisi, Fungsionalisme Budaya, Malinowski


Full Text:

PDF

References


Astiti, S. (2019). Fungsi Dan Krpercayaan Masyarakat Terhadap Bungung Salapang Di Desa Bontorappo Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Doctoral dissertation, Pascasarjana.

Bernard, H. R. (2017). Research methods in anthropology: Qualitative and quantitative approaches. Rowman & Littlefield.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). The Sage handbook of qualitative research. sage.

Fathurrahman, M. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Tradisi Melaksanakan Nazar di Bungung Salapang (Sumur Sembilan) di Desa Bonto Rappo Kec. Tarowang Kab. Jeneponto Suatu Kajian Living Qur’an. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Malinowski, B. (2014). Magic, science and religion and other essays. Read Books Ltd.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Data management and analysis methods. Sage Publications, Inc.

Parsons, T. (2013). Malinowski and the theory of social systems. In Man and Culture (pp. 53–70). Routledge.

Rubin, H. J., & Rubin, I. S. (2011). Qualitative interviewing: The art of hearing data. sage.

Wahyunita, U., & Kesuma, A. I. K. (2022). Ritual Bungung Salapang: Kajian Kepercayaan Masyarakat Desa Bontorappo Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Jurnal Kajian Sosial Dan Budaya: Tebar Science, 6(1), 89–95.

Yin, R. K. (2009). Case study research: Design and methods Sage Publications. Thousand Oaks, 5.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.