Pengembangan Smart Racket untuk Monitoring Percepatan Arah Pukulan Bulutangkis

Ayuni Zahra Auliah Akhmad(1*), Satria Gunawan Zain(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini menghasilkan "Smart Racket", sebuah inovasi berbasis Internet of Things (IoT) yang dirancang untuk memantau percepatan arah pukulan dalam olahraga bulutangkis. Alat ini menggunakan Arduino Nano 33 IoT dengan sensor Accelerometer dan Gyroscope yang sensitif. Keunggulan utama alat ini meliputi kemampuan pemantauan akurat dan real time, memberikan data obyektif untuk pemantauan dan pelatihan atlit, serta mendukung pembinaan atlet baru.  Terkait batasan sensor Accelerometer dan sensor Gyroscope menunjukkan perlunya penyesuaian untuk penggunaan yang lebih luas.

 

Kata Kunci: Percepatan, Arduino Nano 33 IoT, Accelerometer, Gyroscope


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2021). Pemanfaatan IoT (Internet of Things) Dalam Monitoring Kadar Kepekatan Asap dan Kendali Camera Tracking. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 5 No.1, 7.

Dimas Aziz Nugraha. (2022). Pelontar Shuttlecock Otomatis Sebagai Alat Bantu Latihan Olahraga Bulutangkis Berbasis Internet Of Things. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, 8.

Yamashita, T., & Kobayashi, T. (2021). Smart Table Tennis Racket Using a Rubber Mounted Ultrathin Piezoelectric Sensor Array. Sensors and Materials, 33(3), 1081. https://doi.org/10.18494/SAM.2021.2954


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.