Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun

Rusmayadi Rusmayadi(1*), Herman Herman(2), Fitriani Dzulfadhilah(3), Angri Lismayani(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Anak usia dini mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dalam pembentukan karakter. Anak usia dini memerlukan pembimbingan yang tepat agar memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga anak tidak kehilangan momentum penting dalam tumbuh kembangnya. Salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini adalah keterampilan sosial yang dapat membantu anak untuk bisa menyesuaikan dirinya di lingkungannya terkait aturan dan norma yang berlaku di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based-Learning terhadap keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain non-equivalent control group . Populasi penelitian ini adalah 82 anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 07 Gowa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument keterampilan sosial, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non-parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji, menunjukkan bahwa data Asymp Sig. (2-tailed) = 0,02 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh penerapan model Project-Based Learning terhadap keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 07 Kabupaten Gowa.

 

 

Kata Kunci: Project-Based Learning, Anak Usia Dini, Keterampilan Sosial, PAUD

 


Full Text:

PDF

References


Baligar, M. P. (2016). Concept of Social Skills and Factors Affecting Social Skills Acquisition & Performance. In International Journal of Research in Engineering, IT and Social Sciences (Vol. 06). http://indusedu.org

Chen, J., Justice, L. M., Tambyraja, S. R., & Sawyer, B. (2020). Exploring the mechanism through which peer effects operate in preschool classrooms to influence language growth. Early Childhood Research Quarterly, 53, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.02.002

Graziano, A., & Raulin, M. (2020). Research Methods: A Process of Inquiry (9th Editio). Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=HHJQwwEACAAJ

Herman, H., Samad, S., & Dzulfadhilah, F. (2022). THE EFFECT OF THE CHAIN WHISPER GAME ON CHILDREN’S RECEPTIVE LANGUAGE SKILLS. Retorika Jurnal Bahasa Dan Pengajarannya, 15(2), 107–113.

Jurevičienė, M., Kaffemanienė, I., & Ruškus, J. (2018). Concept and Structural Components of Social Skills. Baltic Journal of Sport and Health Sciences, 3(86). https://doi.org/10.33607/bjshs.v3i86.266

Lestariningrum, A. (2015). Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Anak Dalam Bekerjasama Pada Anak Didik Kelompok B2 Di TK Kreatif Zaid Bin Tsabit Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2 SE-Artikel). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.177

Made, N., Kusadi, R., Sriartha2, P., & Kertih3, W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. TSCJ, 3(1).

Nila Puspitasari, R., & Al Baqi, S. (2022). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING KELOMPOK B. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 9, Issue 1).

Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114

Rusmayadi, Mahnur, F., & Tamsi. (2022). Panduan Praktis Project Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini (R. Jannah & H. Erlina, Eds.; Erlangga F). Erlangga For Kids.

Rusmayadi, R., & Herman, H. (2019). Effects of Social Skills on Early Childhood Independence. Journal of Educational Science and Technology (EST), 159–165. https://doi.org/10.26858/est.v5i2.9274

Santrock, J. W. (2013). Life-span Development, Georgia State University. McGraw-Hill Create.

Sekar Sari, W. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Sosial dan Motorik Halus Anak Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 14–33. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.34

Widyasari, F., Wahyuningsih, S., & Sholeha, V. (2022). Perbedaan Kompetensi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Pada Keluarga Utuh Dan Tidak Utuh. Jurnal Kumara Cendekia, 10(1), 40–48.


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.