Analisis Pengelolaan Lingkungan SMP Negeri di Kota Makassar

Firdaus Daud(1*), Arifah Novia Arifin(2), Andi Citra Pratiwi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:1) pemahaman tentang lingkungann, 2) sikap kepedulian terhadap lingkungan, 3) pengelolaan lingkungan 4) pengaruh pemahaman lingkungan terhadap pengelolaan lingkungan 5) pengaruh sikap kepedulian terhadap pengelolaan lingkungan 6) pengaruh pemahaman dan sikap kepedulian lingkungan terhadap pengelolaan lingkungan peserta didik di SMP Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh peserta didik SMP Negeri di  Kota Makassar. Penentuan ukuran sampel secara Cluster random sampling dengan taraf kesalahan 5% maka diperoleh sampel penelitian sebesar 131 peserta didik dan analisis data secara statistik deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman lingkungan berada pada kategori tinggi, 2) Sikap terhadap lingkungan berada pada kategori cenderung positif, 3) Pengelolaan lingkungan berada pada kategori cukup baik, 4) Pemahaman dan sikap terhadap lingkungan secara Bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan pengelolaan lingkungan, 5) Pengetahuan lingkungan memiliki hubungan yang signifikan dengan pengelolaan lingkungan, 6) Sikap terhadap lingkungan memiliki hubungan yang signifikan dengan pengelolaan lingkungan pada peserta idik SMP Negeri di Kota Makassar. Berdasarkan hasil analisis penelitian maka diajukan saran: 1) Diharapkan kepada pemerintah Kota Makassar, agar berusaha meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang lingkungan melalui pendidikan dan pelatihan-pelatihan kepada guru tentang Lingkungan ramah anak, 2) Diharapkan bagi peserta didik agar senantiasa meningkatkan peran serta dalam pelaksanaan program kebersihan ditiap lingkungan, 3) Diharapkan kepada peneliti lain agar hasil penelitian digunakan sebagai bahan acuan dan referensi untuk menopang penelitian selanjutnya, 4) Diharapkan penelitian ini dapat berguna dan bermanfaat bagi seluruh elemen     masyarakat yang menggunakan penelitian ini.

 

Kata Kunci: pemahaman, sika, pengelolaan lingkungan


Full Text:

PDF

References


Arikunto. S., 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (ed.VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Ganjar, Ahmad., dan Anisyah Arief. 2001. Pedoman Pembinaan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup di Sekolah. Jakarta; Depdiknas – Ditjen Dikdasmen

Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup.http://www.menlh.go.id/pendidikan lingkungan hidup/ .Diakses 10 april 2018.

Pudjiastuti, Wahyuni, 2022. Strategi Mengatasi Masalah Kesehatan Lingkungan Di Pemukiman Kumuh Lewat Program Pemasaran Depok. Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP - UI Sosial Jurnal Makara Sosial Humaniora Ed.

Soemarwoto, Otto., 2018. Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan (ed.rev). Jakarta: Djambatan.

Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung; Alphabetha.

Windrianingsih, Sinta Selvi. 2014. Kebijakan Sekolah Dan Partisipasi Siswa Dalam Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Di Smp Negeri 1 Jakenan Kabupaten Pati 11(2): 11.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.