Extrapolasi Kemampuan Literasi Sains Calon Guru Fisika Melalui Pendekatan Sains Berbasisl Lab Virtual

Muh. Tawil(1), Bunga Dara Amin(2), Ahmad Dahlan(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan literasi sains calon guru Fisika dalam mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik berbasis lab virtual? (2) Mengetahui apakah tidak terdapat perbedaan skor rata-rata n-gain calon guru Fisika dalam mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik berbasis lab virtual antar kelas A dan B? (3) Seberapa besar efect size kemampuan literasi sains calon guru Fisika dalam mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik berbasis lab virtual?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Pra-Eksperimen One-Shoot Study Case dengan Sampel penelitian 29  Mahasiswa kelas A dan 29 Mahasiswa kelas B Pendidikan Fisika, FMIPA UNM pada mata kuliah Fisika Kuantum tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Terdapat perbedaan rata – rata skor kemampuan literasi sains mahasiswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis lab virtual yakni dari 45,89 menjadi 71,31 pada kelas A dan dari 42,59 menjadi 68, 24 pada kelas B setelah diberi perlakuan. (2) Tidak terdapat perbedaan skor rata – rata n-gain calon guru Fisika dalam mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis lab virtual untuk kelas A dan kelas B, dan (3) Effect size penerapan pendekatan saintifik berbasis virtual lab terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa pada kelas A sebesar 1,0 dan berada di kategori tinggi, sedangkan pada kelas B sebesar 0,4 dan berada di kategori sedang.

 

Kata Kunci: Fisika Kuantum, Literasi Sains, Lab Virtual


Full Text:

PDF

References


Andi Bonga, Tawil, M dan Sudarto.(2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. JIT Jurnal IPA Terpadu. Volume 1, No 1, September 2017, Halaman 1-105.

Astuti, E. J. (2014). Skripsi Analisis Korelasi antara Sikap Saintifikdan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Bengkulu pada Pembelajaran IPA Biologi Dengan Model Siklus Belajar 5E. Bengkulu.

Choirul Nisa, and Widodo. (2013). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Membuat Aneka Lipatan Serbet (Napkin Folding) e-journal boga. Volume 2, Nomor 1, Tahun 2013, edisi yudisium periode Februari 2013, Hal. 29 – 32

Creswell. J. W & Plano Clark,V.L. (2009). Designing and Conducting. Mixed Methods Research.London & New Delhi: Sage Publications.

Doosuur Ashaver, Sandra Mwuese Igyuve. (2013). The Use of Audio-Visual Materials in the Teaching and Learning Processes in Colleges of Education in Benue State-Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 1, Issue 6 (May. –Jun. 2013), PP 44-55 www.iosrjournals.org www.iosrjournals.org 44 | Page

Elijah, Ode; Ojowu. (2014). Impact of Audio-Visual (avs) Resources on Teaching and Learning Insome Selected Private Secondary Schools in Makurdi IMPACT: International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL) ISSN(E): 2321-8878; ISSN(P): 2347-4564 Vol. 2, Issue 5, May 2014, 195-202

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Joni Purwono; Sri Yutmini, Sri Anitah. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2, hal 127 – 144, Edisi April 2014. ISSN: 2354-6441

Shridevi A.S., Gayatri L. Patil, Arif N.K., Rashmi A.G., Satvik, P. Shashikala. (2013). Role of Audiovisual Aid as a Teaching - Learning Method for Understanding Mechanism of Labour. J Pub Health Med Res 2013;1(2):97-99.

Khery, Y. d. (2017). Pengaruh Context-Rich Problems Berbentuk Multimedia Interaktif Terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Saintifik, dan Pemahaman Konsep Kimia Mahasiswa. Jurnal SaintifikIKIP Mataram, 3 (1). 636-644.

Tawil, M. (2016). Analisis Sikap Saintifikdan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Laporan Penelitian UNM. (Tidak dipublikasikan)

Tawil, M and Ahmad Dahlan (2021). Application of Interactive Audio Visual Media to Improve Students’Creative Thinking Skill. J. Phys.: Conf. Ser. 1752 012076

Yafie, E. d. (2019). Pengembangan Kognitif. Malang: Universitas Negeri Malang

Yoki Ariyana, MT, Ari Pudjiastuti, Reisky Bestary, Zamroni, (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Dirjend Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.