Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Ratulisa (Rajin Membaca dan Menulis) Berbasis Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

Sulastriningsih Djumingin(1*), Nurhusna Nurhusna(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran berbasis wirausaha untuk pembelajaran literasi RATULISA (rajin menulis dan membaca) bagi mahasiswa Data penelitian dan pengembangan ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Data dianalisis statistik dengan Uji-t (uji perbedaan) untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap kompetensi literasi membaca dan menulis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji ahli terhadap media pembelajaran menunjukkan bahwa produk memenuhi unsur kelayakan. Hal ini diperoleh dari hasil penilaian ahli dengan rata-rata 3.67 dengn kategori (sangat layak). Hasil uji kepraktisan kepada calon pengguna yaitu dosen dan mahasiswa menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan sangat praktis dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran literasi membaca dan menulis. Hasil penilaian dosen terhadap produk media pembelajaran yaitu 3.88 (sangat baik) dan hasil penilaian mahasiswa yaitu 3,61 (sangat baik). Produk yang praktis selanjutnya diimplementasikan untuk melihat keefektifan produk. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap kompetensi literasi membaca dan menulis mahasiswa (Asymp. Sig.=0,00 < 0,05). Hasil uji efektivitas tersebut menunjukkan bahwa produk media dan perangkat pembelajaran literasi membaca dan menulis yang dikembangkan efektif untuk keterampilan literasi membaca dan menulis mahasiswa. Sejalan dengan hasil penelitian yang telah dipaparkan, produk penelitian pengembangan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak, seperti dosen, mahasiswa, dan peneliti lanjutan.

 

Kata Kunci: Literasi, Membaca, Menulis, Kewirausahaan


Full Text:

PDF

References


Aiken, LR. (1985). Three Coefficients For Analyzing The Reliability and Validity of. Ratings. Educaional and Psychological Measurement.

Applebee, A. N., & Langer, J. A. (2011). “EJ” extra: A snapshot of writing instruction in middle schools and high schools. English Journal, 100(6), 14-27.

Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2010). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Bomer, R., Land, C. L., Rubin, J. C., & Van Dike, L. M. (2019). Constructs of teaching writing in research about literacy teacher education. Journal of Literacy Research, 51(2), 196-213.

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Gilbert, J., & Graham, S. (2010). Teaching writing to elementary students in grades 4–6: A national survey. The Elementary School Journal, 110, 494-518.

Majid .2013.Strategi Pembelajaran .Remaja Rosdakarya:Bandung.

Mulyatiningsih, Endang.2011. Metode Penelitian Terapan bidang pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Myers, J., Scales, R. Q., Grisham, D. L., Wolsey, T. D., Dismuke, S., Smetana, L., . . . Martin, S. (2016). What about writing? A national exploratory study of writing instruction in teacher

Kustandi dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Reddy, P., Sharma, B., & Chaudhary, K. (2020). Digital literacy: A review of literature. International Journal of Technoethics (IJT), 11(2), 65-94.

Rintaningrum, R. (2019). Explaining the important contribution of reading literacy to the country’s generations: Indonesian’s perspectives. Journal of Turkish Science Education, 11(1), 3-23.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.