Analisis Korelasi Kebiasaan Belajar dan Kemampuan Penalaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP di Kota Makassar

Usman Mulbar(1), Ahmad Zaki(2*), Andi Surya Anugerah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Akar permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP di Kota Makassar, selanjutnya ditinjau kebiasaan belajar dan kemampuan penalaran siswa. Penelitian ini mengkaji korelasi kebiasaan belajar dan kemampuan penalaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dengan metode kuantitatif-kualitatif (mixed method) yang bertujuan untuk mengkaji kemampuan penalaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP di Kota Makassar Pada penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung lainnya yaitu tes kemampuan penalaran, angket kebiasaan belajar, pedoman wawancara kebiasaan belajar dan pedoman wawancara kemampuan penalaran. Populasi dalam penelitian ini adalh siswa SMP di Kota Makassar dan sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 6 Makassar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, hasil analisis data terlihat bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa yang diperoleh melalui tes pemecahan masalah matematika sebesar 69 dan nilai tersebut berada pada kategori sedang. Sedangkan dari hasil analisis data tentang kebiasaan belajar rata-rata siswa berprestasi di SMP Negeri 6 Makassar berada dalam kategori sedang dengan nilai 65,29 yang diambil dari pengisian kosioner kebiasaan belajar. Kemampuan penalaran dan kebiasaan belajar siswa berprestasi SMP Negeri 6 Makassar mempunyai kemampuan penalaran dan kebiasaan belajar dalam kategori sedang pada materi aljabar dan bangun datar. Hasil uji korelasi antara kemampuan penalaran dan kebiasaan belajar siswa menggunakan SPSS 22 diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,146(hasil analisis lengkap dapat dilihat pada Lampiran). Dikarenakan nilai siginifikansi. Sig. (2 tailed) (0,146)> taraf signifikansi ( maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima atau tidak terdapat hubungan antara kemampuan penalaran dan kebiasaan belajar siswa berprestasi dalam memecahkan masalah matematika.

  

Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

 


Full Text:

PDF

References


Alimuddin. 2012. Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Apiati, Vepi. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah siswa Melalui Metode Inkuiri Model Alberta. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Jakarta

Asrawati, Nur. 2012. Eksplorasi Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Setelah Diterapkan Strategi Think-Talk-Write Setting Kooperatif Berdasarkan Gender Pada Siswa Kelas X SMK Kartika XX-1 Wirabuana Makassar. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Brodie, Karin. 2010. Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Clasroom. New York: Springer.

Dellasera, Qori. 2013. Kualitas Pendidikan Indonesia (Refleksi 2 Mei). Kompasiana. http://m.kompasiana.com.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gani, R.A. 2007. Pengaruh pembelajaran metode inkuiri model Alberta terhadap kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah atas. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Jakarta

Jalahuddin. 2013. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Rajawali Pers: Jakarta

Krulik, S & Rudnick, J. A. 1995. The New Sourcebook of Teaching Reasoning and Problem Solving in Elemntary School. Needham Heights: Allyn & Bacon

Marpiyanti, 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Topoyo. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Milda, Afni. 2012. Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Pada Kelas X-A SMAN 12 Cenrana-Maros. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Nuntung, Mardiah. 2012. Karakteristik Tahapan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Awal. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Nuraeni, 2011. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah SPLDV Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa MTs Muallimin Makassar. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Pasenrengi, 2012. Profil Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Limit Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI-IA SMA Negeri 19 Makassar Tahun Pelajaran 2011/2012. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Polya, George. 1973. How To Solve It (2nd Ed). Priceton: Priceton Univercity Press.

Rahman Abdul, & Ansari S. Ahmar. 2016. Exploration of mathematics problem solving process based on the thinking level of students in junior high school. International journal of environmental & science education. Volume, (11) No.14, 7278-7285.

Ramdhani, Sendi. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Possing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Tesis. Tidak Diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Jakarta

Rohmad. 2008. Penggunaan Pola Pikir Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivisme.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Online. Tersedia:http://math.sps.upi.edu/wp-content/upload/2010/02/BERPIKIR-DAN-DISPOSISI-MATEMATIK-SPS-2010.Pdf.

Syukriani, Andi. 2009. Model Struktural Dalam Menilai Hubungan Antara Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri Di Kota Makassar.Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Thalhah, Sitti Zuhaerah. 2012. Eksplorasi Komunikasi dan Penalaran Matematika Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Siswa Kelas VIII SMP Pesantren IMMIM Putra Makassar. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Upu, dkk. 2015. Analisis understanding of the SMP students build concept and principles of flat in Math. Man In India, 95 (3) : 821-827.

Wulandari, Enika. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Possing di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.