Pengembangan Laboratorium Virtual Reality Menggunakan MileaLab

Hendra Jaya(1*), Sapto Haryoko(2), Dary Mochamad Rifqie(3), Dessy Ana Laila Sari(4), Mustamin Mustamin(5), Putri Ida Sunaryathy(6), Indra Sukma(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana mengembangkan laboratorium Virtual Reality menggunakan MileaLab sebagai sarana baru untuk pembelajaran praktikum; 2) mengetahui bagaimana cara menggunakan laboratorium Virtual Reality yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan perangkat lunak berupa media aplikasi pendukung laboratorium Virtual Reality dilakukan dengan pendekatan rekayasa dimana tahapannya adalah: analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Penggunaan laboratorium Virtual Reality dapat diterapkan dengan melihat hasil pengembangan berdasarkan validasi ahli materi memperoleh kategori sangat baik, validasi ahli media memperoleh kategori sangat baik, Analisis Keefektifan dan Kepraktisan Penggunaan laboratorium Virtual Reality, kemudian Penilaian Kepraktisan produk laboratorium Virtual Reality memperoleh kategori sangat baik. Aplikasi Laboratorium Virtual Reality menggunakan MileaLab didesain secara online dengan memperhatikan fitur-fitur yang ada seperti pada laboratorium sesungguhnya, serta navigasi dapat berfungsi secara bebas sesuai kemauan user seolah berada dalam ruangan yang nyata.

  

Kata Kunci: Laboratorium Virtual Reality, MileaLab, Rekayasa Sistem Robotika


Full Text:

PDF

References


Adams, S. (2004). God’s Debris: A Thought Experiment (LLC (ed.)). Andrew McMeel Publishing.

Gay, L. R. (1978). Educational research competencies for analysis and application (3rd ed.). Merrill Publishing Company.

Hendra Jaya. (2012). Praktikum Berbasis Simulasi Komputer 3 Dimensi Pada Mata Kuliah Elektronika Digital. 7(1), 71-87 ISSN: 1829-7021.

Kask., K. (2009). A study of science teacher development towards open inquiry teaching through an intervention progamme. Universitas Tartu, Estonia.

Ma, J., & Nickerson, J. V. (2006). Hands-on, Simulated, and Remote Laboratories: A Comparative Literature Review. ACM Comput. Surv., 38(3), 7–es. https://doi.org/10.1145/1132960.1132961

Muchlas. (2014). Pengembangan V-Lab Menggunakan Aplikasi Online Meeting dan Simulator Breadboard untuk Praktikum Elektronika Digital. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, Yogyakarta, ISSN 0853, 38–41.

Purwanti Widhy H. (2012). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran IPA. In “Pelatihan Digitalisasi Perangkat dan Media Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Baru.” SMP 3 Muhammadiyah Depok.

Surakhmad, W. (1994). Pengantar penelitian ilmiah dan dasar metode teknik (R. Rosdakarya (ed.)). Tarsito.

Trollip, S. R., & Alessi, S. M. (2001). Multimedia for learning: methods and development. Massachusetts: Allyn & Bacon.

Zorica Nedic, Machotka, J., & Nafalski, A. (2003). Remote laboratories versus virtual and real laboratories. In Front. Educ. (Vol. 1). https://doi.org/10.1109/FIE.2003.1263343


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.