Penerapan Google Classroom pada Pembelajaran Teks Drama di SMPN 13 Makassar

Idawati Idawati(1*), Kisman Salija(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses belajar siswa menggunakan google classroom dalam pembelajaran teks drama di SMP Negeri 13 Makassar, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada penggunaan google classroom dalam pembelajaran teks drama di SMPN 13 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian ini meliputi dua alur utama yaitu, (1) mendeskripsikan proses belajar siswa menggunakan google classroom dalam pembelajaran teks drama, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa berupa nilai tugas siswa pada saat menggunakan google classrroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar siswa merupakan aktivitas mental yang berlangsung dalam interksi, proses belajar mengajar menggunakan google classroom pada pembelajaran teks drama berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, guru berperan sebagai pembimbing dalam kelas memberikan penjelasan dan motivasi kepada siswa sehingga terjadi interaksi yang kondusif. Pembelajaran teks drama dijabarkan: (1) media pembelajaran yang digunakan. Media yang digunakan dalam pembelajaran teks drama memanfaatkan media power point (PPT), dan video pembelajaran,, (2) interaksi dan keaktifan belajar siswa. Interaksi berdasarkan hasil penelitian dideskripsikan bahwa terjadi interaksi timbal balik antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan guru dengan siswa. Sementara hasil belajar yang diperoleh siswa pada drama siswa memperoleh nilai rata-rata 85,43 yang mencapai nilai di atas KKM.

 

 

Kata Kunci: Google classroom, pembelajaran teks drama

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.

Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran.

ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.

Amka, A. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Nizamia Learning Center 2018. Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–17.

Asyhar, R., & Harjono, H. S. (2012). Pengembangan Media Audio-Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek Untuk Siswa SMP. Jurnal Tekno-Pedagogi, 2(1).

Atikah, A., Yuwono, & Suhartanto. (2008). Bahasa Indonesia (U. Retno & R. Widya (eds.)). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Bintari, N. L. G. R. P., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1).

Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas penggunaan google classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009.

Dewaki, K., Dewi, I., & Didik, D. (2008). Terampil Berbahasa Indonesia (Sutarto (ed.)). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Dewi, P. K., & Budiana, N. (2018). Media pembelajaran bahasa: aplikasi teori belajar dan strategi pengoptimalan pembelajaran. Universitas Brawijaya

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA, 7(1), 149–166.

Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Mendemonstrasikan Teks Drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120–128.

Fitriansyah, F., Sitasi, C., & Fitriansyah, F. (2019). Analisis Isi Buku Teks Teknologi Media Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(2), 207–212.

Hafid, A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 69–78.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan E-learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 41–49.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al- TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167.

Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran sebagai Media Pembelajaran. Cendekia Publisher.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Kosasih, E. (2020). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Revisi 2017. Rafiki IT Learn.

Lisiswanti, R., Saputra, O., & Windarti, I. (2015). Peranan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Kesehatan, VI, 102–105.

Mahardini, M. M. A. (2020). Analisis situasi penggunaan google classroom pada pembelajaran daring fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215–224


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.