Kompetensi Guru SMK dalam Mengimplementasikan Metode Pembelajaran Berbasis Projek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Peserta Didik

Riana T Mangesa(1*), Muh. Yusuf Mappeasse(2), Elfira Makmur(3), Kholik Prasojo(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan kompetensi pedagogik guru dalam menerapkan PjBL, (2) Aktivitas dan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran PjBL. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan fenomenologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam tentang fenomena yang terjadi di SMKN Makassar yang menjadi subjek penelitian sehingga tergambarkan ciri karakter, dan pelaksanaaa model PjBL. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan informasi yang akurat kemudian dideskripsikan sehingga akan mengambarkan informasi yang utuh dari persiapan pedagogik guru dalam menerapkan pembelajaran PjBLsesuai fenomena yang terjadi di SMKN. Penelitian ini dilaksanakan dibeberapa SMKN di Makassar. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwa kelayakan dan kesesuaian RPP, bahan ajar dalam persiapan pembelajaran PjBL adalah tindakan Guru untuk menerapkan sintaks PjBL yang sangat bermanfaat dalam bertindak sebagai penjaga waktu, pengamat perilaku kelompok dalam proses pembelajaran dan mendorong terjadinya interaksi kelompok dan keberanian menyampaikan pendapat, mendorong peserta didik mengembangkan dan menghayati kemampuannya dan menyadari kelemahannya. Hasil penelitian yang menunjukan kategori baik untuk kreativitas belajar peserta didik dalam penerapan PjBL Hasil penelitian pada aktivitas belajar peserta didik dalam penerapan PjBL menunjukan ketegori sangat baik

 

Kata Kunci: Kompetensi Guru SMK, Metode Pembelajaran PjBL, Aktivitas, Kreatifitas


Full Text:

PDF

References


C.L, Chiang and H.lee, The Effect Of Projcet Based Learning On Learning Motivation And Problem-Solving Ability Of Vocational High School Students, internasional jurnal of Information and education technology, Vol. 6, No.9. DOI: 10.7763/IJIET.2016.V.6.779. h. 709

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

H.M.Hatta Hs., (2018). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. Nizamia Learning Center . Anggota IKAPI No. 166/JTI/2016

Iwan Wijaya. (2018). Professional teacher: Menjadi Guru Profesional, Sukabumi: CV Jejak

Jaya. (2016). Pengembangan kompetensi Guru. Jakarta: PT. Bumi Harmoni Indoguna.

Jejen Mushaf. (2016). Analisis kebijakan pendidikan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Musfh, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group.

Nur Irwanto &Yusuf Surya. (2016). Kompetensi pedagogik untuk peningkatan & penilaian kinerja guru. Genta Group production.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesioanual Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N., & Ibrahim.(2001). Penelitiandan Penilaian Pendidikan.Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumiarsi, N. (2015). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Pengembangan Pembelajaran Guru SD Negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 1–6.

Susanto, R., & Rachmadtullah, R. (2019). Model of pedagogic competence development: Emotional intelligence and instructional communication patterns. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 2358–2361.

Susanto, Ratnawati , Noni Agustina, Y. A. R. (2020). Analysis of the Application of the Pedagogical Competency Model Case study of Public and Private Primary Schools in West Jakarta Municipality , DKI Jakarta Province ), 19(3), 167–182. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.03.114


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.