Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan UNM Tahun 2023

Sumarlin Mus(1*), Andi Mappincara(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa PPG prajab UNM tahun 2023. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel independent (Kualitas Layanan Akademik) dengan dimensi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Varibel Dependent (Kepuasan Mahasiswa) dengan dimensi pelayanan sesuai dengan harapan, kesdian mahasiswa merekomendasikan layanan, dan kesediaan mahasiswa berkunjung kembali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa PPG Prajab PGSD UNM yang berjumlah 321, penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebesar 178. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner secara online dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kualitas layanan akademik cenderung sangat baik, sedangkan kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik cenderung puas. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan terdapat pengaruh antara kualitas layanan akademik terhdap kepuasan mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Negeri Makassar tahun 2023.

 

Kata Kunci: Kualitas Layanan Akademik, Kepuasan Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Anggal, N., Yuda, Y., & Amon, L. (2020). Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari. h

Firdaus, S., Suwiryo, D. H., & Sukmawaty, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Kompetensi Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 5(2), 320.

Hanun, F. (2021). Implementasi Penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam Di LPTK UIN Serang Banten. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 268–285.

Mariska, L., & Hati, S. W. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Politeknik Negeri Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 1–9.

Marthalina, M. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Dan Kepuasan Mahasiswa Di IPDN Kampus Jakarta. Jurnal MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia), 1–18.

Mokodompit, F., & Luneto, B. (2019). Pengaruh Persepsi dan Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 93–110.

Rahareng, V. J., & Relawan, N. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa (Studi pada mahasiswa administrasi bisnis universitas telkom). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2). http://jurnal.unpad.ac.id/adbispreneur/article/view/13164

Sinollah, S., & Masruro, M. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual–Parasuraman) dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen). Dialektika: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 45–64.

Suwito, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cv Global Ac Banjarbaru. KINDAI, 14(3). https://ejournal.stiepancasetia.ac.id/ kindai/article/view/228


Article Metrics

Abstract view : 93 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.