Studi Etnomatematika: Aktivitas Fundamental Matematis Pada Rumah Adat Balla Lompoa Karaeng Galesong

Asdar Asdar(1*), Rahmawati Rahmawati(2), Hisyam Ihsan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika pada rumah adat Balla Lompoa Karaeng Galesong yang berkaitan dengan aktivitas fundamental matematika yaitu perhitungan (counting), lokasi (location), mengukur (measuring), mendesain (designing), bermain (playing), dan menjelaskan (explaining). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar obsrvasi dan pedoman wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah komponen utama Balla Lompoa Karaeng Galesong meliputi atap, sambulayang, tangga, lasugi, dan tiang. Hasil penelitian menunjukkan komponen utama rumah adat Balla Lompoa Karaeng Galesong teridentifikasi memiliki unsur etnomtematika berdasarkan aktivitas fundamental matematika yaitu aspek perhitungan tedapat pada bagian atap, sambulayang, tangga, lasugi, dan tiang terkait banyaknya jumlah komponen penyusunnya. Aspek lokasi terdapat pada Sambulayang, tangga, dan tiang terkait arah geometri dan titik koordinatnya. Aspek mengukur terdapat pada tangga, lasugi, dan tiang terkait ukuran luas ataupun kelilingnya. Aspek mendesain terdapat pada atap, tiang, tangga, lasugi, dan tiang terkait teknik khusus dalam mendesain komponennya. Aspek bermain terdapat pada tangga dan  lasugi terkait bentuk kerjasama dalam proses pembangunan rumah adat Balla Lompoa Karaeng Galesong. Sedangkan pada aspek menjelaskan memuat penjelasan makna aturan dalam pembangunan rumah menurut kepercayaan dalam budaya kerajaan Galesong.

 

Kata Kunci: Eksplorasi, Etnomatematika, Fundamental


Full Text:

PDF

References


Asdar, Ahmad Talib, Muqsitulqadri Syarif. (2021). Etnomatematika Pada Bangunan Pionering Pramuka. Proceeding of National Seminar. Research and Community Service Institute. Universitas Negeri Makassar. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25225

B, M., Miles, & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: SAGE Publications Internasional Eduational and Professional Publisher.

Bishop, A. (1988). Mathematical Enculturation: A Cultural Perspective on Mathematics Education. Kluwer Academic Publishers.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Pendidikan Matematika, 552-553.

Rakhmawati M, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya Pada Masyarakat Lampung. Pendidikan Matematika, 7, 224.

Sophyan, N. F. (2018). Retrieved from Kabar Makassar: https://kabarmakassar.com/posts/view/ 1611/makna-dibalik-sulapa-eppa-lawa-suji-bugis-makassar.html


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.