Pengembangan Website Jurnal Vokasi S3 Pendidikan Vokasi Keteknikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Andi Abidah(1*), Muhammad Yahya(2), Purnamawati Purnamawati(3), Nuridayanti Nuridayanti(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Jurnal Vokasi Keteknikan pada Program Studi Pendidikan Vokasi Keteknikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi dan 5) evaluasi. Pada tahap analisis, dilakukan analisa kebutuhan system untuk mengidentifikasi masalah yang timbul dan potensi yang dimiliki oleh prodi pendidikan vokasi keteknikan terkait dengan Website Jurnal program studi, serta memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan potensi yang ada. Pada tahap perancangan dilakukan perancangan dengan tahapan rancangan sistem, database, dan interface serta permohonan izin ke LIPI untuk mendapatkan ISSN. Tahap pengembangan merupakan keberlanjutan dari apa yang sudah dirancang, yakni menyusun konten jurnal. Tahap Implementasi adalah memasukkan konten ke website jurnal dan menerbitkan artikel di bidang pendidikan vokasi keteknikan.

 

Kata Kunci: e-journal, pengembangan, vokasi keteknikan


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2012). Undang-undang Tentang Pendidikan Tinggi Nomor 12 Tahun 2012. Sinar Grafika.

Najmurrokhman, A., Hardian, A., & Murniati, A. (2020). Pemberdayaan Dosen Dan Editor Jurnal Ilmiah Di Lingkungan Unjani Dalam Pengembangan Sistem Repositori Publikasi Ilmiah Unjani. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.26874/jakw.v1i1.17

Nasir, M. (2017). Menristekdikti Dorong Dosen Tingkatkan Publikasi Ilmiah. http://ristekdikti.go.id/menristekdikti-dorong-dosentingkatkan-publikasi-ilmiah/.

Raharjo, S. (2013). Building Web Journal Directory And Its Articles With Drupal. Jurnal DASI, 13(2), 64–70.

Rusli, M., Gatc, J., & Alifah Wardhani, A. (2020). Pengembangan Aplikasi E-Jurnal Kalbisocio dan Kalbiscientia Kalbis Institute. KALBISCIENTIA Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(1), 1. https://doi.org/10.53008/kalbiscientia.v6i1.51

Rusydi, I. (2014). PEMANFAATAN E-JOURNAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI DIGITAL Ibnu Rusydi. Iqra’, 08(02), 200–210.

Sitompul, A., & Wahidah, S. (2022). Pengembangan Website Prodi dalam Upaya Peningkatan Layanan Informasi dan Perbaikan Manajemen Data Akreditasi Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan. Flawless: Jurnal Pendidikan Tata Rias, 3.

Wali, M., & Ahmad, L. (2018). Perancangan Access Open Journal System ( AOJS ) dengan menggunakan Framework Codeigniter dan ReactJs Bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia dan. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.