Nilai yang Terdapat pada Paradoksal Pertunjukan Tari Pakarena Mabbiring Kassi Daeng Serang dakko

Rahma M(1*), Bau Salawati(2), Asia Ramli(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Nilai-nilai luhur kearifan lokal dalam Seni Tari dapat berbeda-beda di setiap wilayah dan budaya, namun pada dasarnya Seni Tari selalu mencerminkan dan menghagai keunikan dan kearifan lokal masyarakat setempat. Di setiap wilayah dan budaya, seni tari memiliki keunikan dan ciri khas yang mencerminkan kearifan lokal dan nilai-nilai luhur dari masyarakat setempat. Pemahaman nilai-nilai kearifan lokal yang salah satunya tercermin dalam seni tari ini sangat penting bagi generasi muda saat ini karena generasi muda merupakan penerus budaya dan identitas lokal di masa depan, sementara dalam era globalisasi dan modernisasi yang smakin pesat, generasi muda sangat rentang tergoda oleh budaya luar yang dianggap lebih kekinian dan trendi, sehingga nilai-nilai lokal seringkali terabaikan demikian juga halnya paradoksal pertunjukan tari Pakarena, khususnya pakarena Mabbiring Kassi Daeng Serang Dakko.

 

Kata Kunci: Nilai, Paradoksal, Pakarena Mabbiring Kassi

Full Text:

PDF

References


Herawati, N. (2015, November 10). Fenomena paradoksal dalam ruang sosial [Prosiding]. Seminar Nasional Psikologi Sosial dan Budaya, Program Studi Psikologi Universitas Trunojoyo Madura. https://dspace.hangtuah.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/126/Fenomena%20Paradoks%20Dalam%20Ruang%20Sosial.compressed.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mansur, A. (2006). Implementasi Klarifikasi Nilai dalam Pembelajaran dan Fungsionalisasi Etika Islam, Alfikra (Vol. 5). Jurnal Ilmiah Keislaman,.

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi.

Scolieri, P. (2013). Dance and the paradox of postmodern power. Dance Research Journal, 45(3), 6–25.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumiani, N. (2004). Pakarena dalam Pesta Jaga. Padat Daya.


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.