Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Platform Media Sosial

Hardin Hardin(1*), Eda Lolo Allo(2), Sakinah Zubair(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbantuan platform media sosial yang valid. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan platform media sosial ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluate). Subjek pada penelitian ini ada dua, yaitu ahli media dan ahli materi sebagai subjek uji kevalidan. Instrumen yang digunakan untuk kevalidan yaitu lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini adalah: (1) validitas media pembelajaran interaktif berbantuan platform media sosial  dari ahli materi sebesar 3,66 dan ahli media sebesar 3,67 yang berada pada kategori sangat valid dengan uji konsistensi antar validator sebesar 100% yang berada pada kriteria sangat tinggi. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan platform media sosial yang dikembangkan dengan model ADDIE bersifat valid  untuk digunakan dalam pembelajaran.  

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Media Sosial


Full Text:

PDF

References


Ahadia N., Zulmuhibban M., Cahyatul A., Nindi C., Nisratul A., Ririn W., Widya A., Yuyun N., I Gde M. (2021). Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. Vol 4(1): 127-130. ISSN: 2655-5263

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Andrisni R., Resto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.Vol 4(1): 80-86. ISSN 2656-473.

Arief S. Sadiman, dkk. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal. Vol 3: 35-43. ISSN 2503-5045.

Chaeruman, (2008). Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Dony Novrian, Nuriah, Jurniah, Karina. (2018). Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Kartu. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol 3(4):392-400. Doi: 10.28926.

Hamzah, B Uno. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasyim, A. (2016). Metode Pengembangan dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Hutapea R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual. Vol 2(2): 151-165. ISSN: 2655-4682.

Kusuma N.R., Muh Khalifah M., Oslan J. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Ekskresi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendididkan Universitas Negeri Makassar.

Mawati E. (2022). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah Pada Materi Redoks Sebagai Sumber Belajar. Journal of Tropical Chemistry Research and Education. Vol 4(2): 91-100. ISSN 685-5690.

Nufninu Y., Wara S.D., Imelda H.E.R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Dan I-Spring Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 2(2): 17-28. ISSN 2776-0073.

Pawero, Abdul Muis Daeng. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah. Vol 4(1):16-32. ISSN:2621-2838.

Rabiah, Sitti. (2015). “Penggunaan Metode Research and Development Dalam Penelitian Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi”. Makalah Seminar Nasional dan Launching Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI), Surakarta.

Rosyidi D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri’. Vol 27(1): 1-13.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, (1): 470 – 477.

Siregar S.D., Berkat P., Ermi G., Hotromasari D. (2019). Media Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 8(2): 120-125. ISSN 2301-7651.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.