Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMP Swasta di Kecamatan Binamu

Baso Intang Sappaile(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan supervisi akademik guru dan pengalaman mengajar guru dengan kompetensi pedagogik guru, baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri. Populasi penelitian adalah semua guru SMP Swasta di Kecamatan Binamu, sedang sampel adalah semua guru SMP Swasta 1 di Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto. Pengumpulan data dengan pemberian skala supervisi akademik guru, skala pengalaman mengajar guru, dan tes kompetensi guru. Data dianalisis dengan teknik regresi linear ganda. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) supervisi akademik pengawas dan pengalaman mengajar secara bersama-sama mempunyai hubungan dengan kompetensi pedagogik guru, 2) supervisi akademik pengawas mempunyai hubungan positif dengan kompetensi pedagogik guru,  dan 3) pengalaman mengajar guru mempunyai hubungan positif dengan kompetensi pedagogik guru SMP Swasta di Kecamatan Binamu.

 

Kata Kunci: Supervisi akademik, pengalaman mengajar, kompetensi guru


Full Text:

PDF

References


Rahmawati, Sri, dkk. 2015. Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Mengajar, dan Kompensasi terhadap Profesionalisme Guru di SMK Swasta 3 Palu. E-Jurnal Katalogis, 3 (12), 67-75.

Uno, B. Hamzah. 2013. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wibowo. 2014. Manajemen kinerja. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

------- 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

------- 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.